Menteri KKP Minta Masyarakat Pulau Kecil Maksimalkan Potensi Laut untuk Ekonomi

- Kamis, 3 September 2020 | 12:43 WIB
Menteri Kelautan dan Perikanan, Edhy Prabowo memaparkan kebijakan terkait cantrang dan lobster bukanlah kebijakan instan dan tanpa kajian, Kamis (2/7/2020). (ANTARA/HO-KKP/pri/am).
Menteri Kelautan dan Perikanan, Edhy Prabowo memaparkan kebijakan terkait cantrang dan lobster bukanlah kebijakan instan dan tanpa kajian, Kamis (2/7/2020). (ANTARA/HO-KKP/pri/am).

Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo mengajak pelaku usaha pariwisata di pulau kecil terluar untuk turut memanfaatkan sektor perikanan agar bisa berdampak pada perekonomian masyarakat setempat.

"Pelaku pariwisata di sini kalau bisa ikut bisnis ikan. Jangan hanya berharap kepada orang untuk datang (wisatawan). Jadi kalau enggak ada yang datang minimal masyarakat punya ikan," kata Menteri Edhy saat meninjau 11 pengelola resort di Pulau Maratua, Kalimantan Timur, Rabu (2/9/2020).

Edhy menjelaskan, potensi perikanan yang cukup besar di Maratua harus benar-benar dimanfaatkan, mengingat pasarnya yang begitu luas dan potensial di tanah air maupun dunia.

"Saya yakin pengusaha itu punya banyak cara. Dan ini untuk membangun ekonomi di perbatasan," ujarnya.

Edhy juga mengaku siap mendukung berbagai sarana dan prasarana yang dibutuhkan masyarakat Maratua berkaitan dengan sektor kelautan dan perikanan. Misalnya penyediaan cold storage bertenaga surya lantaran di Maratua belum ada jaringan listrik, termasuk bantuan permodalan dari BLU LPMUKP.

Dengan bantuan modal itu, kata Edhy, masyarakat dapat menggunakannya untuk budidaya ikan keramba jaring apung, hingga budidaya udang, sehingga dapat mendorong ekonomi masyarakat yang mengandalkan laut.

"Semua bisa dilakukan. Ini kesempatan mumpung Pak Presiden selalu memperhatikan pulau-pulau terluar. Dan kami KKP siap untuk membangun Maratua khususnya, dan Berau umumnya," ujarnya.

 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X