Mas Menteri Nadiem Blokir Tik Tok Hingga Instagram dalam Skema Kuota Internet Gratis

- Rabu, 10 Maret 2021 | 14:31 WIB
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Nadiem Makarim. (photo/Instagram/@nadiemmakarim)
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Nadiem Makarim. (photo/Instagram/@nadiemmakarim)

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Nadiem Makarim menjelaskan skema kuota internet gratis tahun 2021 untuk pelajar dan guru. Nadiem mengatakan, subsidi kuota internet akan menjadi lebih fleksibel, tapi dengan syarat tertentu.

"Kabar gembiranya adalah kita mendengarkan keluhan dari berbagai masyarakat dan keluhannya itu nomor satu fleksibilitas penggunaannya," kata Nadiem dalam rapat bersama Komisi X DPR RI, di kompleks parlemen, Jakarta, Rabu (10/3/2021).

Meski kuota internet sudah dibuat fleksibel, namun tetap ada pengecualian untuk sejumlah situs. Nadiem mengatakan, hal-hal yang tidak berkaitan dengan pendidikan atau metode pembelajaran akan tetap diblokir atau black-list.

"Tapi kita mengecualikan hal-hal yang sama sekali tidak berhubungan dengan pendidikan, Tik Tok, Facebook, Instagram, itu kita kecualikan. Jadinya kita buat blacklist bapak ibu," tegasnya.

Tak hanya itu, Nadiem juga menuturkan bahwa banyak masyarakat ingin YouTube bisa diakses dalam kuota internet gratis dari pemerintah. Masyarakat katanya, ingin menggunakan YouTube sebagai media pembelajaran.

"Kalau saya Google ke mana-mana, website-website universitas dan yang terkahir, 'pak, YouTube, pak, mas menteri, YouTube'. Itu menjadi salah satu pembelajaran yang terpenting untuk berbagai macam melihat buruk baik dari sisi guru dan lainnya," ucapnya.

Sebelumnya, Mendikbud Nadiem Makarim menjelaskan alasan kuota internet gratis dikurangi pada 2021. Nadiem menyebut pengurangan kuota itu dilakukan setelah menerima keluhan dari masyarakat.

Nadiem mengatakan pemerintah terus memastikan kuota internet gratis untuk siswa dan guru tetap terpenuhi. Sebab, saat ini belajar tatap muka belum bisa dilakukan secara penuh.

 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X