Fantastis! Pengadaan Baju Dinas 65 Anggota DPRD Sumbar Habiskan Biaya Nyaris Rp1 Miliar

- Senin, 23 Agustus 2021 | 09:54 WIB
Foto udara Gedung DPRD Sumbar (ANTARA FOTO/ Iggoy El Fitra)
Foto udara Gedung DPRD Sumbar (ANTARA FOTO/ Iggoy El Fitra)

Pengadaan baju dinas untuk 65 anggota DPRD Sumatera Barat (Sumbar) tahun 2021 menghabiskan biaya hingga Rp908.050.000. Berdasarkan data dari LPSE Sumbar, pemenang tender dalam pengadaan baju dinas itu, yakni Bola Dunia Tailor dengan HPS Rp908.050.000.

Sekretaris DPRD Sumatera Barat, Raflis mengatakan pengadaan baju dinas anggota DPRD rutin dilakukan setiap tahunnya, sama halnya dengan baju dinas ASN.

Dengan HPS Rp908.050.000, maka setiap anggota DPRD mendatangkan anggaran sekitar Rp12.573.000.

"Jadi untuk lima setel tadi, maka per dewan mendapatkan sekitar Rp12.573.000," kata Raflis dilansir Antara, Senin (23/8/2021).

Raflis mengatakan setelah pemenang tender ditentukan, para anggota dewan sudah bisa melakukan pengukuran pakaian di tempat yang telah ditentukan. Untuk bahan disesuaikan dengan ketentuan yang berlaku dan memang tak ada disebutkan merk tertentu untuk pakaian dinas namun ada spesifikasi yang menjadi patokan, seperti kadar wol dalam pakaian tersebut.

"Merek disesuaikan dengan spesifikasi yang ada dalam aturan. Jadi merknya tak menjadi ketentuan khusus," katanya.

Dia mengatakan dasar pengadaan baju telah diatur dalam Peraturan Pemerintah nomor 18 tahun 2018 tentang Hak keuangan dan administratif pimpinan dan anggota DPRD dijelaskan selain tunjangan, anggota DPRD disediakan pakaian dinas dan atribut setiap tahunnya.

Dalam pasal 12 PP 18 2018 diatur bahwa pakaian sipil harian disediakan dua pasang dalam setahun. Kemudian pakaian sipil resmi disediakan satu pasang, dua pasang pakaian sipil lengkap dalam lima tahun dan pakaian dinas harian lengan panjang satu pasang dalam setahun dan pakaian yang bercirikan khas daerah satu pasang.

Kemudian di Pasal 12 ayat 3 menyatakan pakaian dinas itu disediakan dengan mempertimbangkan prinsip efisiensi, efektifitas, dan kepatutan.

Ketentuan mengenai standar satuan harga pakaian dinas dan atribut diatur dalam peraturan kepala daerah.

Dia menambahkan untuk 65 anggota DPRD Sumbar disediakan lima setel pakaian dinas dan dalam pengadaannya dilakukan lelang terbuka dan dimenangkan toko Bola Dunia.

"Anggota DPRD biasanya kita berikan kupon dan datang melakukan pengukuran," kata dia.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X