Mabes TNI: Vaksin Nusantara Bukan Program Kami

- Senin, 19 April 2021 | 12:58 WIB
TNI tegaskan vaksin Nusantara bukan program kesatuannya. (photo/ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso)
TNI tegaskan vaksin Nusantara bukan program kesatuannya. (photo/ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso)

Markas Besar (Mabes) TNI menegaskan bahwa vaksin Nusantara yang ada di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto bukan program dari TNI.

"Bahwa program vaksin Nusantara bukanlah program dari TNI," kata Kapuspen TNI Mayjen TNI Achmad Riad saat jumpa pers di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Senin.

Meski begitu, TNI memastikan memiliki acuan dalam mendukung inovasi vaksin Nusantara ini. Dengan catatan telah mendapat legalitas dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), dan memenuhi tiga kriteria penting yakni keamanan, efikasi, dan kelayakannya.

Tak hanya itu, Riad menyatakan juga perlu pengurusan perizinan, kerja sama antara TNI dengan berbagai pihak.

"Sesuai dengan sikap pemerintah, terkait berbagai bentuk inovasi dalam negeri seperti vaksin dan obat-obatan, untuk penanggulangan COVID-19, maka TNI akan selalu mendukungnya," ujarnya.

"Dan penggunaan fasilitas kesehatan dan tenaga ahli kesehatan atau peneliti akan diatur dengan mekanisme kerja sama sebagai dasar hukum atau legal standing, dan tanpa mengganggu tugas-tugas kedinasan atau tugas pokok kesatuan," tutur Kapuspen TNI menjelaskan.

Hadir dalam jumpa pers itu, antara lain, Wakil Kepala RSPAD Gatot Soebroto Mayjen TNI Lukman Ma'ruf, Kepala Pusat Kesehatan (Kapuskes) TNI Mayjen TNI Tugas Ratmono dan Kapuskes TNI AL dan TNI AD.

 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Motor Kepeleset, Dua Jambret Ditangkap di Monas

Senin, 18 Maret 2024 | 14:10 WIB

Fotokopi KTP Tidak Berlaku Lagi, Ini Penggantinya

Sabtu, 16 Maret 2024 | 18:05 WIB
X