Kebakaran di Kilang Minyak Cilacap, Pimpinan DPR Minta Pertamina Lakukan Inventarisasi

- Selasa, 16 November 2021 | 14:37 WIB
Kobaran api disertai kepulan asap terlihat dari tangki 36 T 102 yang terbakar di Kilang Pertamina Internasional RU IV Cilacap, (ANTARA FOTO/Idhad Zakaria/foc.)
Kobaran api disertai kepulan asap terlihat dari tangki 36 T 102 yang terbakar di Kilang Pertamina Internasional RU IV Cilacap, (ANTARA FOTO/Idhad Zakaria/foc.)

Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad menyayangkan kejadian kebakaran yang kembali terjadi di kilang minyak milik Pertamina. Pasalnya kebakaran di kilang minyak Pertamina juga terjadi beberapa bulan lalu.

“Ini kan sudah berapa kali terjadi. Lima bulan yang lalu Pertamina juga sudah dipanggil oleh komisi terkait untuk menanyakan sebab-sebab kebakaran yang lalu,” kata Dasco di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (16/11/2021).

Dasco menduga Pertamina tak menjalankan rekomendasi dari Komisi VII DPR agar kejadian kebakaran di kawasan kilang minyak tidak terjadi lagi. 

Baca Juga: PDIP Usul Tes TWK Bagi Semua Pegawai Pertamina Pasca Kebakaran di Kilang Minyak Cilacap

Di sisi lain, Politisi Partai Gerindra ini menekankan bahwa kilang minyak memiliki jumlah yang banyak dan tidak hanya di Cilacap saja. Maka dari itu Dasco mendorong agar Pertamina melakukan inventarisasi untuk mengetahui keadaan di lapangan.

“Oleh karena itu, nanti kita minta Pertamina, juga untuk melakukan inventarisasi. Mana kilang minyak yang dalam keadaan status merah, kuning, atau hijau,” tutur Dasco.

“Untuk antisipasi. Karena kalau kemudian terjadi lagi ledakan-ledakan tentunya akan menyebabkan, selain kerugian materil, negara, itu kan membahayakan sekitar,” tambahnya.

Sebelumnya, PT Pertamina menyebut bahwa insiden kebakaran di salah satu tangki di kawasan kilang minyak Cilacap sudah berasil ditangani pada hari ini, Minggu (14/11/2021). Saat ini Kilang minyak Cilacap pun disebut sudah beroperasi secara normal, baik saat terjadi insiden maupun setelah ditangani.

CEO Subholding Refinery and Petrochemical Subholding Pertamina, Djoko Priyono mengatakan, satu unit tangki di area Kilang Cilacap mengalami insiden kebakaran pada Sabtu (13/11/2021) sekitar pukul 19.20 WIB tersebut, berhasil dipadamkan menyeluruh pada Minggu (14/11/2021) sekitar pukul 07.45WIB.

"Status darurat (emergency) juga telah dicabut pada pukul 09.15 WIB," kata Djoko kepada wartawan, Minggu (14/11/2021).

Disebutkan Djoko jika selama insiden terjadi seluruh operasional Kilang Cilacap tetap berjalan normal. 

Artikel Menarik Lainnya:

Halaman:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X