Kapal Jerman Berhasil Selamatkan Ratusan Migran yang Kapalnya Rusak di Laut Mediterania

- Jumat, 5 November 2021 | 17:43 WIB
Kapal Jerman berhasil selamatkan 400 migran di Laut Mediterania. (Photo/Twitter/@seaeyeorg)
Kapal Jerman berhasil selamatkan 400 migran di Laut Mediterania. (Photo/Twitter/@seaeyeorg)

Sebuah kapal penyelamat yang dijalankan oleh organisasi non-pemerintah Jerman berhasil membawa hampir 400 penumpang dan mengangkat 400 migran lainnya yang tenggelam di Laut Mediterania.

Dilansir dari laporan Associated Press, Jumat (5/11/2021), kapal bernama Sea-Eye 4 itu adalah kapal pasokan lepas pantai yang digunakan sebagai kapal penyelamat laut. Meski telah terisi dengan 400 penumpang migran, kapal tersebut membawa dua kali lipat dari jumlah sebelumnya. 

Penyelamatan Migran

Dikabarkan bahwa organisasi Sea-Eye mengatakan bahwa kapal tersebut mengeluarkan panggilan darurat saat berada di daerah yang biasanya menjadi wilayah patroli tim pencarian dan penyelamatan Malta.

Mereka mengatakan bahwa ketika pihak berwenang Malta tidak menanggapi, kapal mereka melakukan perjalanan selama sekitar enam jam untuk membantu para migran tersebut.

Baca juga: Protes Aktivis Lingkungan Terhadap Pernyataan Presiden Jokowi di COP26, Ini Foto-fotonya

Sesuai laporan, area pencarian dan penyelamatan Malta mencakup sebagian besar Mediterania tengah, termasuk perairan yang mengelilingi pulau Lampedusa paling selatan Italia dan bagian dari koridor antara Libya dan Sisilia.

Kronologi Penyelamatan Migran

Melihat tidak adanya bantuan dari tim penyelamatan Malta, kapal milik Sea-Eye, yakni Sea-Eye 4 melakukan perjalanan selama sekitar enam jam untuk mencapai kapal yang membawa migran - menyusul terjadinya kebocoran di kapal mereka tumpangi tersebut.

Disebutkan pula bahwa ada kapal lain, yang dijuluki Rise Up, juga menanggapi laporan keadaan darurat tetapi tidak menampung migran yang kesusahan.

“Beberapa orang berada di air tanpa jaket pelampung dan harus diselamatkan langsung dari laut,” kata Sea-Eye, yang mengoperasikan kapal penyelamat bersama dengan LSM German Doctors.

Sebelumnya, Sea-Eye 4 sedang dalam perjalanan ke pulau Lampedusa, pelabuhan aman terdekat, tetapi badan amal itu mengatakan masih belum menerima konfirmasi dari pusat koordinasi penyelamatan Italia di Roma bahwa kapal akan diizinkan untuk berlabuh.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X