Penampakan Bilik Steril Vietnam yang Dipakai untuk Cegah Virus Corona

- Selasa, 17 Maret 2020 | 09:52 WIB
Bilik steril Vietnam untuk cegah virus corona. (Soha.vn)
Bilik steril Vietnam untuk cegah virus corona. (Soha.vn)

Merebaknya virus corona membuat sejumlah negara jadi 'kalang kabut'. Pasalnya, penyebaran virus ini begitu cepat. Beberapa negara sudah melakukan berbagai upaya untuk mencegah virus ini.

Di Indonesia sendiri, jumlah pasien terinfeksi virus corona sudah mencapai 134 orang. Untuk mencegah penyebaran, pemerintah Indonesia mulai Senin (16/3/2020) mulai memberlakukan work from home (WFH).

Berbicara soal cara penanganan virus, cara Vietnam menangani virus cukup menjadi sorotan. Mereka mengembangkan bilik steril portable yang fungsinya untuk membunuh bakteri dan virus.

Ya, pemerintah Vietnam memang mengambil langkah cepat begitu mengetahui ada warganya yang terinfeksi virus corona. Korban terinfeksi corona di Vietnam mencapai 16 orang dan kini semuanya sudah kembali pulih.

Adapun berbagai upaya yang dilakukan Vietnam menangani warganya, mulai dari mengisolasi warganya selama 20 hari, larangan impor satwa liar serta sekolah-sekolah diliburkan.

Cara cepat Vietnam menangani warganya ini bahkan mendapat apresiasi dari WHO. Meski kondisi negaranya sudah lebih baik, namun Vietnam tetap berusaha melakukan pencegahan, salah satunya dengan mengembangkan bilik steril tadi.

Bilik steril ini disebut-sebut bisa membunuh bakteri dan virus sekitar 90%. Pengguna hanya perlu berada di dalam bilik selama 15 hingga 20 detik.

Menariknya, siapa pun boleh menggunakan bilik ini alias gratis. Dalam sehari, bilik ini sudah mensterilkan sekitar 1000 orang. Vietnam juga sudah memproduksi bilik steril ini, bagi negara lain yang ingin memilikinya harus mengeluarkan biaya $ 2.200.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Zega

Rekomendasi

Terkini

X