Demi Pulihkan Ekosistem, 900 Fragmen Karang Ditanam di Bunaken

- Minggu, 6 Oktober 2019 | 11:37 WIB
instagram/@tamannasionalbunaken
instagram/@tamannasionalbunaken

"Lokasi penanamannya berada di dermaga Alung Banua, kegiatan ini diinisiasi BTNB dengan mengajak mitra yakni Pemerintah Kota Manado, Dive Center dan Resort, serta masyarakat," kata Kepala Balai Taman Nasional Bunaken Farianna Prabandari di Manado.

900 fragmen karang ini ditanam dengan menggunakan rangka laba-laba. Sementara bibit fragmen karang diperoleh dengan memanfaatkan patahan-patahan karang di perairan yang dinilai stabil dan mampu untuk tumbuh.

-
instagram/@tamannasionalbunaken

"Pendekatan pemulihan ekosistem karang ini menggunakan metode MARS (Mars Accelerated Coral Reef Restoration System), yakni transplantasi karang dengan penyediaan habitat terumbu yang didesain dan disusun menyerupai rangka laba-laba," ucap Fariana.

Media yang digunakan untuk memulihkan ekosistem karang di perairan Pulau Bunaken diletakkan pada Zona Rehabilitasi di Tawara, serta sebagian diletakkan di Alung Banua untuk pembanding pertumbuhan.

-
instagram/@tamannasionalbunaken

"Upaya pemulihan ekosistem terumbu karang menjadi komitmen para pihak dan stimulan untuk meningkatkan kesadaran dalam menjaga lingkungan dan kelestarian Taman Nasional Bunaken sebagai aset bangsa dan bagian integral dari alam tempat kita tinggal," ujarnya.

Penanaman fragmen karang ini juga diikuti oleh Kepala Sub Bagian Tata Usaha BTNB Nikolas Loli SP, Camat Bunaken Kepulauan Robert Dauhan, operator diving, pengelola resort serta masyarakat.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X