Sah! Laksamana Yudo Margono Jadi Panglima TNI

- Senin, 19 Desember 2022 | 13:36 WIB
Pelantikan Laksamana Yudo Margono oleh Presiden Jokowi. (tangkapan layar YouTube sekeretariat presiden)
Pelantikan Laksamana Yudo Margono oleh Presiden Jokowi. (tangkapan layar YouTube sekeretariat presiden)

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) melantik dan mengambil sumpah jabatan Laksamana Yudo Margono sebagai Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI) di Istana Negara, Jakarta,  Senin (19/12/2022). Dengan begitu Yudo resmi menggantikan Jenderal Andika sebagai Panglima TNI.

Pelantikan dilakukan berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 91/TNI Tahun 2022 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Panglima Tentara Nasional Indonesia yang ditetapkan di Jakarta tanggal 19 Desember 2022.

“Demi Allah, saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darmabakti saya kepada bangsa dan negara,” kata Yudo mengucapkan penggalan sumpah jabatan yang didiktekan oleh Presiden Jokowi

Baca Juga: Hari Ini Presiden Jokowi Lantik Laksamana Yudo Margono Jadi Panglima TNI

Yudo juga berjanji akan menjalankan tugas serta menjunjung tinggi etika jabatan sebagai panglima TNI.

“Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya dan dengan penuh rasa tanggung jawab. Bahwa saya akan menjunjung tinggi sumpah prajurit,” kata Yudo.

Baca Juga: Deddy Corbuzier Jadi Letkol Tituler TNI, Laksamana Yudo Margono: Usul Kepala Staf Angkatan

Prosesi selanjutnya adalah penanggalan dan penyematan tanda pangkat dan jabatan serta penyerahan tongkat komando panglima TNI kepada Yudo Margono.

Turut hadir dalam pelantikan Wakil Presiden Ma’ruf Amin, Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri, Ketua DPR Puan Maharani, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Laksamana Yudo Margono dilantik sebagai Panglima TNI menggantikan Jenderal TNI Andika Perkasa yang akan pensiun pada 21 Desember 2022. Namun masa purnatugas Jenderal Andika baru dimulai pada 1 Januari 2023 mendatang. 

Pelantikkan ini digelar setelah DPR RI resmi mengesahkan Laksamana Yudo Margono sebagai calon Panglima TNI. Keputusan itu diambil dalam rapat paripurna yang dipimpin langsung oleh Ketua DPR RI Puan Maharani, Selasa (13/12/2022) lalu. 

Dalam rapat paripurna tersebut, dihadiri oleh 356 legislator dari total 575 anggota dewan. Rinciannya yang hadir secara fisik 21 orang, 195 virtual dan 140 orang menyatakan izin. 

Ketua DPR RI Puan Maharani menanyakan kepada seluruh anggota DPR terkait hasil uji kelayakan dan kepatutan calon Panglima TNI. 

"Apakah pemberhentian dengan hormat Jenderal TNI Andika Perkasa sebagai Panglima TNI dan persetujuan Laksamana Yudo Margono sebagai Panglima TNI dapat disetujui?" tanya Puan kepada para anggota dewan.

Halaman:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X