Hendi Dampingi Presiden Jokowi Resmikan Pasar Johar

- Kamis, 6 Januari 2022 | 14:51 WIB
Presiden Joko Widodo didampingi Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi. (Istimewa)
Presiden Joko Widodo didampingi Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi. (Istimewa)

Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi mendampingi Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) untuk meresmikan Pasar Johar yang telah rampung dibangun, Rabu (5/1/2022). Selain Wali Kota Semarang yang akrab disapa Hendi itu, terlihat juga Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Adapun Hendi selaku Wali Kota Semarang di sela - sela kegiatan mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada Presiden Jokowi, yang telah memberi perhatian pada Kota Semarang, sehingga kawasan Pasar Johar dapat terbangun kembali, setelah mengalami musibah kebakaran.

Dirinya mengungkapkan butuh biaya yang sangat besar untuk membangun kembali Pasar Johar. Pemkot Semarang sendiri bahkan tak kurang telah mengeluarkan anggaran lebih dari 157 miliar rupiah untuk penguatan struktur hingga pembangunan kawasan, termasuk alun - alun.

Sementara itu pemerintah pusat mengalokasikan sekitar 146 miliar rupiah untuk pembangunan Pasar Johar Utara dan Tengah. Sedangkan Pasar Johar Selatan dibangun dengan biaya sekitar 103 miliar rupiah, serta 20,3 miliar rupiah untuk Pasar Kanjengan untuk meningkatkan daya tampung pedagang.

"Tentu saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya untuk Pak Presiden, Pak Menteri PUPR, lalu juga Kementerian Perdagangan, dan juga seluruh pihak di tingkat pusat hingga kota yang telah memberi perhatian, sehingga kawasan Pasar Johar dapat terbangun kembali," tutur Wali Kota Semarang tersebut.

-
Presiden Joko Widodo (tengah) didampingi Sekretaris Kabinet Pramono Anung (kedua kiri), Menteri PUPR Basuki Hadimuljono (kedua kanan), Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (kiri), Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi (kanan) dan dua orang perwakilan pedagang. (ANTARA/Aji Styawan)

BACA JUGA: Hendi Serahkan Bantuan Komputer untuk Yayasan Alumni Undip

Dalam kesempatan tersebut, Hendi juga menemani Presiden Jokowi beserta rombongan mengecek kondisi dalam Pasar Johar Utara, Tengah, dan Selatan tersebut dan berinteraksi dengan para pedagang. Lebih kurang 30 menit Hendi bersama Presiden Jokowi berkeliling di sekitar kawasan Pasar Johar. 

Di sisi lain Presiden Jokowi pun meminta agar kawasan Pasar Johar bisa dijaga bersama, sehingga kejayaan pasar di waktu lalu dapat dikembalikan. Ia menegaskan pasar yang ramai menandakan ada pergerakan ekonomi masyarakat dengan transaksi dan aktivitas jual beli yang menggerakkan rantai ekonomi rakyat.

"Saya titip, jaga kebersihan, jaga keamanannya sehingga pasar ini betul-betul menjadi pasar yang bersih, rapi, tertata, dan tidak jadi pasar yang kotor dan bau," tekan Presiden Jokowi. "Mengembalikan kejayaan Pasar Johar masa lalu dan sebagai 'landmark' Kota Semarang," tambahnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X