TNI dan Polri Serbu Markas KKB, Tembak Mati Lima Anggota KKB

- Rabu, 28 April 2021 | 09:20 WIB
Anggota kelompok kriminal bersenjata (KKB) Lekagak Telenggen (Dok.Humas Nemangkawi)
Anggota kelompok kriminal bersenjata (KKB) Lekagak Telenggen (Dok.Humas Nemangkawi)

Prajurit TNI dan personel Polri yang tergabung dalam Satgas Operasi Nemangkawi memburu markas kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Olenski.

Dalam pemburuan tersebut, sebanyak lima orang anggota KKB dikabarkan tewas ditembak. Baku tembak terjadi dua hari Senin (26/4) dan Selasa, di sekitar markas KKB Lumawi, Kampung Makki, Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua.

"Diperoleh informasi, lima anggota KKB yang tewas ditembak oleh Satgas Nemangkawi berasal dari kelompok Lekagak Telenggen," ujar Kasatgas Humas Nemangkawi Kombes Pol M Iqbal Al Qudussy, dikutip dari Antara (28/4/2021).

Lekagak Telenggen adalah buronan yang masuk dalam daftar pencarian orang (DPO) sejak 28 Agustus 2020. Kasusnya adalah memegang senjata SS1, dan melakukan penembakan di Mile 61 saat perjalanan dari Arwanop ke Tsinga.

Penyerbuan juga dilakukan di markas KKB di Olenski. Dalam penyerbuan tersebut, satu anggota Brimob gugur.

"Selain ada lima KKB ditembak mati, namun di pihak kami ada korban, satu anggota Brimob Polri gugur atas nama Bharada Komang," ujar Iqbal.

Hingga saat ini, TNI-Polri satgas Nemangkawi masih terus melakukan pengejaran kelompok kriminal.

"Tidak ada tempat untuk kelompok-kelompok kriminal bersenjata di tanah Papua maupun di seluruh pelosok Tanah Air," ucap Iqbal menegaskan.

KKB Papua sebelumnya menembak Kepala Badan Intelijen Negara Daerah (Kabinda) Papua Brigjen TNI Putu Danny di Kampung Dambet, Distrik Beoga, Kabupaten Puncak.

KKB juga menembak guru dan pelajar OAP, membakar fasilitas sekolah dan melakukan pemerkosaan terhadap gadis-gadis kampung, memeras dana desa dan membakar "honai" kepala suku di Beoga.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Zega

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X