Tampang Penghina Jokowi yang Pakai Baju Adat Baduy, Ejek Jual Madu di Perempatan

- Selasa, 17 Agustus 2021 | 10:40 WIB
Presiden Jokowi memakai baju adat Baduy (Instagram/jokowi) / Kanan: Penghina Jokowi (Istimewa) / Insert: Hinaan terhadap Presiden Jokowi (Twitter)
Presiden Jokowi memakai baju adat Baduy (Instagram/jokowi) / Kanan: Penghina Jokowi (Istimewa) / Insert: Hinaan terhadap Presiden Jokowi (Twitter)

Seorang pria dengan akun Twitter @pawletariat diburu netizen karena menghina Presiden Jokowi yang mengenakan pakaian adat Baduy pada Sidang Tahunan MPR RI dan Pidato Kenegaraan Presiden RI dalam rangka peringatan HUT Ke-76 RI, serta Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI yang digelar di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (16/8/2021).

"Jokowi make baju adat Baduy cocok banget, tinggal bawa madu + jongkok di perempatan," tulis akun @pawletariat.

-
Cuitan hinaan terhadap Presiden Jokowi yang pakai baju adat Baduy (Twitter)

Cuitan ini pun membuat netizen geram karena dia dinilai telah merendahkan Kepala Negara dan juga menghina tradisi suku Baduy yang memang menjauhkan diri dari modernisasi.

"Lo tinggal dimana bro gw mau lihat tampang lo,,,ngatain suku gw tukang madu...kayaknya muka lu perlu dipermak bro," tulis @Ibenk22380784 geram.

"Aku org Tangerang Banten, Klw boleh tau kamu org mana? Kita ngopi bareng yuu. Silahkan tentukan waktunya utk ngopi bareng," komentar @AndyPratama_A.

Netizen juga berburu jejak digital pria tersebut. Diketahui namanya adalah Mohammad Bernie Kurniawan, seorang jurnalis di salah satu media nasional di Indonesia.

Baca juga: Busana Adat Badui Dikenakan Presiden Jokowi Saat Sidang Tahunan MPR, Segini Harganya

-
Tampang pria penghina Jokowi saat pakai baju adat Baduy (Istimewa)

Namun, setelah viral Bernie telah menghapus akun Linkedinnya yang memuat beberapa data mengenai karirnya. Meski begitu, netizen masih terus mendapatkan informasi lain hingga ke aplikasi kencan Tinder.

-
Tampang pria penghina Jokowi saat pakai baju adat Baduy (Istimewa)
-
Tampang pria penghina Jokowi saat pakai baju adat Baduy (Istimewa)

Alasan Jokowi memakai pakaian adat Baduy

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memaparkan alasannya yang menggunakan pakaian adat Baduy saat menghadiri sidang tahunan MPR RI, Senin (16/8/2021). Jokowi mengaku suka dengan desain pakaian adat Baduy yang simpel dan nyaman dipakai.

"Busana yang saya pakai ini adalah pakaian adat suku Baduy. Saya suka karena desainnya sederhana, simpel dan nyaman dipakai," kata Jokowi di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (16/8/2021).

Dia pun mengucapkan terima kasih kepada ketua Adat Masyarakat Baduy Jaro Saija yang telah menyiapkan pakaian tersebut agar bisa dipakainya dalam sidang tahunan MPR RI.

"Saya ingin ucapkan terima kasih kepada Jaro Saija ketua adat masyarakat Baduy yang telah menyiapkan baju adat ini," tandas Jokowi.

Makna pakaian adat Baduy

Sederhana tapi memiliki pesan dalam, demikian pengamat mode sekaligus perancang busana dari Indonesian Fashion Chamber (IFC) Lisa Fitria menilai kesan yang muncul saat melihat Presiden Joko Widodo mengenakan busana adat Suku Baduy luar.

Halaman:

Editor: Zega

Tags

Rekomendasi

Terkini

X