Kilas Balik Pembunuhan Berantai Ryan Jombang, Bunuh 11 Orang Termasuk Bocah 3 Tahun

- Jumat, 20 Agustus 2021 | 11:09 WIB
Ryan Jombang (Reuters)
Ryan Jombang (Reuters)

Ryan Jombang kembali menjadi perbincangan usai dijotos oleh Habib Bahar bin Smith di Lapas Khusus Kelas IIA Gunung Sindur, Kabupaten Bogor.

Lalu, siapakah Ryan Jombang? Pria ini menjadi teror di Indonesia sekitar 12 tahun silam. Dia adalah seorang pembunuh berantai yang mengalami penyimpangan seksual dan menghabisi korbannya pada rentang waktu 2006 hingga 2008.

Dia menyukai laki-laki alias gay dan menggemari kegiatan perempuan meskipun dia berjenis kelamin laki-laki. Di masa sekolah, Ryan suka berdandan dan memiliki banyak teman perempuan.

Meski begitu, Ryan dikenal sebagai siswa yang cerdas dan pandai bergaul. Dia bahkan pernah menjadi siswa terfavorit di SMAN I Jombang.

Nama Ryan menjadi pembahasan media setelah membunuh Heru Santoso (40) pada tahun 2008. Pria ini dimutilasi dan dimasukkan dalam dua tas dan kantong plastik di dekat Kebun Binatang Ragunan.

Ryan membunuh Heru karena pria tersebut menyukai kekasih gay Ryan yang bernama Noval. Setelah membunuh Heru, Ryan Jombang menguras ATM-nya untuk berfoya-foya.

Setelah kasus mutilasi Ryan terendus polisi, mulai banyak warga yang melaporkan kerabatnya menghilang setelah bersama-sama dengan Ryan.

Ryan Jombang pada akhirnya mengakui telah membunuh 6 orang lain dan jasad mereka dikuburkan di halaman belakang rumah.

Kebanyakan korbannya masih berusia muda, bahkan ada yang masih balita. Korban pertamanya ternyata bukan Heru, melainkan Guruh Setyo Pramono alias Guntur (27).

Guruh dibunuh di Jombang dengan cara kepalanya dipukul benda keras, lalu mayatnya digulung menggunakan kasur dan dibakar. Sisa tubuh Guruh kemudian dimasukkan ke kolam ikan dan ada yang dikubur dalam tanah.

Sementara, ada 4 orang yang dikubur di bekas kolam ikan di belakang rumah orangtuanya di Jombang.

Baca juga: Sosok Ryan Jombang, Pria Gay yang Jagal 11 Orang, Kini Dipukul Bahar Smith karena Uang

Salah satu korban Ryan lain adalah balita berusia 3 tahun bernama Sylvia Ramadani Putri, anak dari Nanik Hidayati yang juga dibunuh oleh Ryan. Total ada 11 orang yang dibunuh oleh Ryan Jombang.

Ini nama korban yang dikuburkan Ryan di belakang rumah

Halaman:

Editor: Zega

Tags

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X