Menag Usahakan Dapat Tambahan Kuota Jamaah Haji untuk Keberangkatan 2021

- Selasa, 9 Juni 2020 | 14:14 WIB
Ilustrasi jamaah haji. (ANTARA/Aloysius Jarot Nugroho)
Ilustrasi jamaah haji. (ANTARA/Aloysius Jarot Nugroho)

Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi menyebutkan akan berusaha untuk melakukan kesepakatan dengan pihak Pemerintah Arab Saudi untuk memberikan penambahan jamaah pada keberangkatan haji tahun 2021.

Kendati demikian, mantan Wakil Panglima TNI tersebut menjelaskan bahwa penambahan jamaah untuk sebuah negara berdasarkan keputusan dari Organisasi Kerja Sama Islam (OKI).

Fachrul mengungkapkan bahwa pihaknya akan mengusahakan untuk mendapatkan penambahan jamaah seperti pada pemberangkatan haji tahun sebelumnya, yakni sebanyak 10 ribu.

"Dan kami mempunyai keyakinan mudah-mudahan mungkin tahun depan bisa dapat tambahan 10 ribu juga," ucap Fachrul dalam sebuah diskusi virtual, Selasa (9/6/2020).

Ia menjelaskan, penambahan jamaah haji untuk tahun mendatang akan didapatkan jika terdapat negara yang tidak menggunakan kuota hajinya. Hal itu pun dimaklumi pemerintah Arab Saudi karena jamaah Indonesia terbilang banyak.

"Tapi kalau kita minta tambahan, kalau memang ada negara yang tak terpakai kuotanya, dia bisa menambahkan ke Indonesia, tapi bukan artinya tambahan kuota," ungkapnya.

"Kami akan melobi sebisa mungkin dengan memberikan berbagai macam alasan, dan mereka sangat paham dengan Indonesia, Indonesia kan punya jamaah haji yang banyak," tutup Fachrul.


Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X