Virus Corona Menyerang Golongan Darah Tertentu, Peneliti Ungkap Alasannya

- Selasa, 9 Maret 2021 | 19:21 WIB
Ilustrasi petugas medis mengambil spesimen seorang perempuan. (ANTARA FOTO/Aswaddy Hamid)
Ilustrasi petugas medis mengambil spesimen seorang perempuan. (ANTARA FOTO/Aswaddy Hamid)

Sebuah studi baru memberikan bukti lebih lanjut bahwa orang dengan golongan darah tertentu lebih berisiko terinfeksi Covid-19.

Melansir WebMD, ditemukan bahwa virus corona baru (SARS-CoV-2) secara khusus tertarik pada antigen golongan darah A yang ditemukan pada sel pernapasan.

Dalam studi laboratorium ini, tim menilai bagaimana SARS-CoV-2 RBD berinteraksi dengan sel darah merah dan pernapasan dalam golongan darah A, B, dan O.

Baca Juga: Bolehkah Minum Alkohol Setelah Mendapatkan Vaksin Covid-19?

Hasil penelitian menunjukkan bahwa SARS-CoV-2 RBD memiliki preferensi kuat untuk mengikat golongan darah A yang ditemukan pada sel pernapasan.

"Menarik bahwa RBD virus hanya benar-benar lebih menyukai jenis antigen golongan darah A yang ada pada sel pernapasan, yang mungkin merupakan cara virus memasuki sebagian besar pasien dan menginfeksi mereka," kata penulis studi Dr. Sean Stowell, dari Brigham dan Rumah Sakit Wanita di Boston.

Temuan ini saja tidak dapat sepenuhnya menggambarkan atau memprediksi bagaimana virus corona akan memengaruhi pasien dari berbagai golongan darah, catat para peneliti.

"Pengamatan kami bukan satu-satunya mekanisme yang bertanggung jawab atas apa yang kami lihat secara klinis, tetapi dapat menjelaskan beberapa pengaruh golongan darah pada infeksi Covid-19," kata Stowell dan timnya.


Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X