Sputnik V Akui Vaksin Pertama di Dunia, Vladimir Putin Malah Belum Divaksin, Ini Alasannya

- Kamis, 26 November 2020 | 19:26 WIB
Presiden Rusia Vladimir Putin. (Photo/REUTERS/Aleksey Nikolskyi)
Presiden Rusia Vladimir Putin. (Photo/REUTERS/Aleksey Nikolskyi)

Presiden Rusia Vladimir Putin dikabarkan belum divaksin COVID-19 meski negaranya sudah mengumumkan Sputnik V sebagai vaksin COVID-19 pertama di dunia. Dilansir dari laman CNN, Kamis (26/11/2020), Putin belum bisa menerima vaksin karena Sputnik V belum menyelesaikan tahap akhir uji coba.

"Presiden tidak dapat menggunakan vaksin yang tidak bersertifikat," kata juru bicara Kremlin Dmitry Peskov.

Selain itu, Peskov juga mengatakan bahwa perbedaan antara vaksin yang 'disertifikasi' dan yang 'disetujui, tapi ia menegaskan bahwa vaksinasi massal belum dimulai.

"Dan, tentu saja, kepala negara tidak dapat mengambil bagian dalam vaksinasi sebagai sukarelawan. Itu tidak mungkin," jelasnya yang menjadikan hal tersebut sebagai alasan kenapa Putin belum divaksin.

Fakta tentang Putin yang belum divaksin muncul setelah pengembang Sputnik V merilis informasi tentang keunggulan vaksin tersebut. Mereka menggambarkan Sputnik V sebagai vaksin yang efektif, murah dan mudah diangkut.

Baca juga: Video Debt Collector Coret Rumah Warga yang Tak Kunjung Bayar Utang, Begini Ujungnya

Putin pertama kali mengumumkan vaksin Sputnik V disetujui digunakan publik pada Agustus, meskipun pada saat itu vaksin belum menyelesaikan uji coba tahap terakhir.

Pengumuman tersebut datang sebelum dimulainya uji coba Tahap 3, yang merupakan kunci untuk memastikan keamanan dan kemanjurannya, dan menimbulkan keraguan dari komunitas internasional.

"Saya tahu itu bekerja cukup efektif, itu membentuk kekebalan yang stabil," kata Putin saat itu.

Putin juga mengatakan putrinya sudah menerima vaksin tersebut dan pengakuannya langsung membuat heboh karena Presiden yang terkenal cool ini sangat jarang menautkan pernyataannya dengan ranah pribadi.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X