Impian Luhut Pandjaitan usai Pandemi: Indonesia Merajai Ekspor Bahan Pangan Seluruh Dunia

- Jumat, 30 Oktober 2020 | 18:40 WIB
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan (Instagram @luhut.pandjaitan)
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan (Instagram @luhut.pandjaitan)

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyimpan harapan besar bagi kemajuan ekonomi negara ini.

Dia berharap Indonesia mampu merajai ekspor bahan pangan di seluruh dunia. 

Hal ini disampaikan Luhut melalui akun Instagram miliknya, @luhut.pandjaitan, Jumat (30/10/2020).

Awalnya, Luhut bercerita tentang kunjungannya bersama Presiden Joko Widodo ke Kabupaten Humbang Hasundutan, Sumatera Utara, untuk meninjau perkembangan food estate atau lumbung pangan.

"Melihat semangat dan optimisme dari para petani di sini, saya merasa terharu karena kecintaan terhadap tanah air dan bangsanya selalu ditunjukkan oleh masyarakat Toba. Hari ini kita mungkin belum merasa resah karena bahan pangan masih tersedia, namun krisis pangan global sudah mengintai dari jauh. Oleh karena itu, kita tidak boleh tinggal diam, terobosan dan langkah harus terus diupayakan demi mempersiapkan segala kemungkinan yang terjadi di masa mendatang. Sehingga kelak ketika pandemi ini usai, Indonesia akan mencapai cita-cita besarnya yaitu Ketahanan Pangan Nasional secara mandiri lewat swasembada pangan secara keseluruhan serta merajai ekspor bahan pangan di seluruh dunia," tulis Luhut.

Sebelumnya, Luhut juga memastikan kawasan lumbung pangan atau food estate di Kabupaten Humbang Hasundutan, Sumatera Utara, tidak menyerobot batas hutan lindung atau area konservasi lainnya.

Kata Luhut, pembangunan kawasan food estate tersebut sudah melalui  serangkaian kajian lingkungan dan proses peralihan fungsi kawasan hutan.

"Saya pastikan tidak melewati batas hutan lindung atau area konservasi lainnya. Karena sudah melalui serangkaian kajian lingkungan dan proses peralihan fungsi kawasan hutan yang dilakukan oleh @kemenkomarves bersama seluruh kementerian terkait dengan melibatkan akademisi dari berbagai Universitas dan Institut ternama di bidang Pertanian," tulisnya.

Seperti diketahui, Luhut mendampingi Presiden Joko Widodo meninjau perkembangan kawasan food estate di Desa Siria-ria, Kabupaten Humbang Hasundutan, Sumatera Utara, Selasa (27/10/2020) lalu.

Menurut Luhut, sudah saatnya bagi Indonesia harus membenahi ketahanan pangan nasional. 

"Dan meskipun indeks ketahanan pangan nasional Indonesia naik, nyatanya tidak selaras dengan ketahanan pangan mandiri kita karena masih adanya peningkatan jumlah impor bahan pangan setiap tahunnya," tulisnya.

Selain meninjau kawasan Food Estate, Jokowi beserta sejumlah menteri juga membagikan puluhan ribu sertifikat tanah kepada masyarakat adat di Stadion Simangaronsang, Kecamatan Doloksanggul. 

"Saya melihat sertifikat yang dibagikan termasuk di antaranya adalah 87 sertifikat untuk bidang lahan yang berada di kawasan Food Estate di Humbang Hasudutan agar keberadaan lahan produktif tetap terjaga baik," tulis Luhut.

Baca unggahan Luhut selengkapnya di bawah ini:

Halaman:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X