Pemimpin Myanmar Aung San Suu Kyi Ditangkap, Kenapa?

- Senin, 1 Februari 2021 | 07:54 WIB
Pemimpin Myanmar Aung San Suu Kyi ditangkap. (REUTERS/Athit Perawongmetha).
Pemimpin Myanmar Aung San Suu Kyi ditangkap. (REUTERS/Athit Perawongmetha).

Pemimpin Myanmar Aung San Suu Kyi dan sejumlah tokoh senior lainnya dari partai berkuasa ditangkap dalam penggerebekan dini hari, menurut juru bicara Liga Nasional untuk Demokrasi (NLD), Senin (1/2/2021) seperti yang dilansir Reuters.

Penangkapan berlangsung setelah beberapa hari ketegangan antara pemerintahan sipil dan militer berpengaruh meningkat, yang menimbulkan kekhawatiran kudeta pasca pemilu. Militer menyebutkan bahwa pemilu di Myanmar diwarnai kecurangan.

Juru bicara Myo Nyunt melalui telepon mengatakan kepada Reuters bahwa Suu Kyi, Presiden Win Myint dan sejumlah pemimpin lainnya "dibawa" pada dini hari.

Baca Juga: Waspadai Hujan Disertai Petir di DKI Jakarta Pada Hari Ini

"Saya ingin memberitahu masyarakat kami untuk tidak langsung menanggapi (kejadian itu) dan saya ingin mereka bertindak sesuai hukum yang ada," katanya, mengaku bahwa dirinya kemungkinan juga bakal ditahan.

Aung Suu Kyi dikenal sebagai pemimpin Myanmar yang kontroversial, khususnya dalam penanganan konflik Rohingya beberapa tahun lalu. Bahkan penghargaan internasional untuk dirinya sempat dicabut berhubungan dengan kejadian tersebut.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X