Peneliti Sebut Pandemi Jadi Peluang Indonesia Lesatkan Ekonomi Digital

- Rabu, 9 Desember 2020 | 21:03 WIB
Ilustrasi ekonomi digital. (Photo/Ilustrasi/Freepik)
Ilustrasi ekonomi digital. (Photo/Ilustrasi/Freepik)

Peneliti Center for Indonesian Policy Studies (CIPS) Siti Alifah Dina menyatakan bahwa kondisi pandemi COVID-19 dapat dimanfaatkan sebagai peluang bagi Republik Indonesia untuk melesatkan potensi ekonomi digital yang akbar.

"Indonesia memiliki potensi yang besar untuk mengembangkan ekonomi digital. Indonesia memiliki pasar yang besar dan jumlah pengguna ponsel pintar yang tinggi. Kedua poin positif tersebut juga didukung dengan perubahan perilaku konsumen ekonomi digital akibat pandemi," kata Siti Alifah Dina, dilansir dari Antara, Rabu (9/12/2020).

Menurutnya, keadaan pandemi pada saat ini mau tidak mau memaksa banyak orang untuk mengubah pola transaksi keuangan mereka, termasuk penjual dan konsumen.

Transaksi yang tadinya dilakukan dengan tatap muka, lanjutnya, kini semakin sederhana dan beralih ke ranah digital.

Baca juga: Terungkap! Pengamen 'Manusia Silver' Mutilasi Pegawai Minimarket karena Sering Disodomi

Ia mengungkapkan, studi dari Universitas Indonesia juga menjelaskan bahwa pandemi merupakan alasan utama pelaku usaha untuk masuk ke dunia digital menurut 71 persen penjual di aplikasi GoFood dan 93 persen social seller yang menggunakan aplikasi GoSend.

Pada saat yang bersamaan, papar dia, prospek konsumen digital juga turut meningkat dilihat dari peningkatan penggunaan aplikasi belanja online atau dalam jaringan (daring) sebesar 42 persen menurut infografis BPS.

"Tercapainya potensi ekonomi digital Indonesia pada 2025 secara merata bergantung pada, salah satunya, kinerja para pemangku kepentingan dalam mengeliminasi beberapa hambatan, di antaranya yaitu tingginya kesenjangan digital serta adanya hambatan berusaha secara digital," paparnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X