Visi Erick Thohir Jadi Teladan Generasi Muda untuk Majukan Indonesia

- Jumat, 30 Desember 2022 | 18:30 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir (Twitter/erickthohir)
Menteri BUMN Erick Thohir (Twitter/erickthohir)

Menteri BUMN Erick Thohir tidak dipungkiri sebagai pemimpin yang visioner. Berbagai gebrakan yang dilakukan terbukti bisa membawa bangsa dan negara Indonesia menjadi lebih maju dari sebelumnya.

Seperti halnya memajukan Kementerian BUMN melalui digitalisasi. Oleh karena itu, Wakil Ketua Umum (Waketum) PAN, Viva Yoga Mauladi menyatakan Erick Thohir sebagai pemimpin yang perlu menjadi teladan bagi generasi muda.

Baca Juga: Wisma Atlet Ditutup, Erick Thohir Kenang Gotong-royong Anak Bangsa Hadapi Pandemi

Ia percaya jika generasi muda Indonesia memiliki karakter seperti menteri terbaik dan andalan Presiden Jokowi tersebut maka negara serta bangsa akan jadi lebih maju dalam waktu singkat.

“Jika generasi muda Indonesia memiliki watak karakter seperti Menteri BUMN, maka dalam waktu singkat Indonesia akan jadi super modern,” jelas Viva Yoga.

Perlu diketahui, Erick Thohir banyak membawa kemajuan untuk Indonesia melalui Kementerian BUMN. Berbagai digitalisasi dilakukan Eks Presiden Inter Milan tersebut di wilayah perusahaan-perusahaan BUMN untuk meningkatkan kinerja dan pelayanan kepada masyarakat.

Sebagai contoh adalah PLN, Telkom, holding Ultra Mikro (UMi), ASDP, Bio Farma dan platform PaDi UMKM. PLN saat ini melakukan inovasi dengan smart meter, smart grid, smart distribution, smart procurement, hingga transformasi bisnis.

Inovasi tersebut dapat menjadi kunci untuk menekan subsidi listrik yang salah sasaran, komplain dari konsumen, serta mengurangi kasus pencurian listrik. Telkom Indonesia sendiri tengah membangun pusat inovasi nasional, pusat data, dan program satu data pemerintah.

Program ini dapat menjadi fondasi bagi pemerintah dalam mewujudkan transparansi program pemerintah dan mampu menekan korupsi pada setiap program pemerintah.

Sedangkan UMi didorong Erick Thohir untuk menggabungkan satu data usaha ultramikro dan UMKM oleh Bank BRI, Pegadaian dan PNM.

Digitalisasi pelayanan turut dilakukan perusahaan BUMN yang bergerak di bidang transportasi yakni ASDP. Pelayanan digital yang dilakukan ASDP terbukti mampu mengurai persoalan antrean panjang dalam penyeberangan Merak-Bakauheni.

Pemesanan tiket kapal secara daring membuat tidak ada lagi antrean di pelabuhan tersebut. Hal itu berdampak baik meningkatkan pergerakan penumpang hingga 40 persen. Terkait dukungan untuk UMKM, Erick Thohir membuat platform bernama Pasar Digital (PaDi) UMKM.

Platform itu mempertemukan BUMN dengan UMKM di berbagai bidang, seperti periklanan, jasa konstruksi, katering, dan mebel.

Baca Juga: Erick Thohir Dorong Anak Muda Jadi Trendsetter Inovasi

Halaman:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X