Bantu Afghanistan, Bank Dunia Siap Transfer Dana Senilai Rp4 Triliun dari Donatur

- Sabtu, 11 Desember 2021 | 11:00 WIB
Krisis kemanusiaan di Afghanistan. (REUTERS/Jorge Silva)
Krisis kemanusiaan di Afghanistan. (REUTERS/Jorge Silva)

Bank Dunia menyatakan para donatur telah menyetujui pemberian dana senilai US$280 juta atau setara Rp4 triliun untuk membantu Afghanistan mengatasi krisis kemanusiaan.

Dilansir Sputnik, dana tersebut akan ditransfer akhir tahun dari Dana Perwalian Rekonstruksi Afghanistan (ARTF) ke dua program PBB,  yakni UNICEF dan Program Pangan Dunia (WFP).

"Keputusan ini merupakan langkah pertama untuk menggunakan kembali dana dalam portofolio ARTF untuk memberikan bantuan kemanusiaan kepada rakyat Afghanistan saat masa kritis," kata Bank Dunia dalam siaran pers yang dikutip Sabtu (11/12/2021).

Nantinya WFP akan menerima US$180 juta atau setara Rp2,5 triliun untuk meningkatkan operasi pangan dan nutrisi. Sementara UNICEF akan menerima US$100 juta atau setara dengan Rp1,4 triliun untuk menyediakan layanan kesehatan.

Baca juga: Krisis Kemanusiaan di Afghanistan akan Jadi Fokus Utama KTT G20

Bank Dunia juga mengatakan akan terus bekerja sama dengan para donatur ARTF untuk mendapatkan dana tambahan yang dibutuhkan rakyat Afghanistan.

Memasuki bulan-bulan musim dingin, Afghanistan menghadapi krisis ekonomi dan kemanusiaan yang semakin parah.

Sebelumnya PBB telah memperingatkan bahwa hampir 23 juta orang atau 55% dari populasi Afghanistan akan menghadapi tingkat kelaparan yang ekstrem.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Gema Trisna Yudha

Tags

Rekomendasi

Terkini

X