PBNU Ultimatum Admin Akun Twitter @nahdlatululama, Kenapa?

- Rabu, 2 Februari 2022 | 09:18 WIB
Ketua Umum PBNU Yahya Cholil Staquf didampingi Rais Aam PBNU Miftachul Akhyar dan Sekjen PBNU Saifullah Yusuf (kiri) bersiap menyampaikan keterangan pers di kantor PBNU, Jakarta, Rabu (12/1/2022). (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)
Ketua Umum PBNU Yahya Cholil Staquf didampingi Rais Aam PBNU Miftachul Akhyar dan Sekjen PBNU Saifullah Yusuf (kiri) bersiap menyampaikan keterangan pers di kantor PBNU, Jakarta, Rabu (12/1/2022). (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)

Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) mengultimatum admin akun Twitter @nahdlatululama, untuk segera menyerahkan akun bercentang biru itu ke pengurus baru PBNU. Pengurus PBNU mengancam akan melaporkan admin akun tersebut ke polisi, jika permintaan mereka tidak dipenuhi.

Sekretaris Jenderal PBNU Saifullah Yusuf (Gus Ipul) mengatakan, pihaknya sudah mencari tahu admin akun twitter tersebut. Dalam waktu dekat, menurutnya, sang admin harus menyerahkan akun tersebut ke pengurus baru.

“Kita sudah mencari siapa admin akun ini, tidak ada yang mengaku. Saya minta dalam waktu 1x24 jam admin harus ke PBNU dan menemui pengurus baru untuk segera menyerahkan akun ini,” ujar Gus Ipul dalam keterangan persnya, dikutip Rabu (2/2/2022).

Gus Ipul mengatakan, sebelumnya pengurus baru PBNU masih menoleransi akun ini untuk tetap beroperasi. Akan tetapi, akun tersebut masih aktif mengeluarkan cuitan yang dianggap tidak sesuai dengan kaidah dan cenderung mengadu domba.

"Belakangan cuitan-cuitannya tidak mencerminkan kaidah yang benar. Bahkan cenderung mengadu domba. Guyonannya tidak tepat, cenderung menyakiti,” kata Gus Ipul.

Salah satunya, dia mencontohkan, adalah ketika akun @dpp_pkb mengucapkan selamat Harlah dan mendoakan proses pengukuhan PBNU. Kemudian akun twitter @nahdlatululama mencuitkan pernyataan yang dinilai sebagai sebuah perundungan, yaitu “besok-besok jangan telat ngucapinnya”.

Gus Ipul juga mencontohkan beberapa cuitan di akun ini yang malah mengolok-olok akun @NU_online, yang merupakan akun resmi dari media milik Nahdlatul Ulama. Selain itu, Gus Ipul menyebut masih banyak lagi cuitan yang dirasa kurang pantas disampaikan oleh akun ini.

Bahkan seorang pemilik akun @naufilist sempat mencuitkan kalimat “Diksi admin @nahdlatululama periode sebelumnya resmi & serius. Sekarang kok kocak? Pasti admin baru hasil bursa transfer dari @NUgarislucu nih."

Cuitan Naufil ini dibalas oleh @nahdlatululama dengan kalimat “Karena pengurus periode sekarang serius-serius. Jadi kami harus mengimbangi”. 

Karena itu, Gus Ipul mengatakan jika dalam waktu dekat admin tidak memberikan akses akun @nahdlatululama kepada pengurus baru, maka pihaknya akan melaporkan admin kepada pihak kepolisian.

“Atas banyaknya keganjilan ini, kami banyak menerima keluhan dari warganet juga dari lembaga-lembaga yang merasa tidak nyaman atas cuitan @nahdlatululama. Karenanya saya minta kepada admin akun @nahdlatululama untuk segera menyerahkan ke kami. Jika dalam waktu 1x24 jam tidak diserahkan maka kami akan lapor polisi,” kata Gus Ipul.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Gema Trisna Yudha

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X