Operasi Zebra Hari Pertama di DKI dan Sekitarnya, 489 Pelanggar Ditilang

- Selasa, 16 November 2021 | 12:33 WIB
Petugas kepolisian memberhentikan kendaraan yang memasuki jalur khusus Transjakarta saat Operasi Zebra Jaya 2021. (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/foc)
Petugas kepolisian memberhentikan kendaraan yang memasuki jalur khusus Transjakarta saat Operasi Zebra Jaya 2021. (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/foc)

Operasi Zebra Jaya 2021 yang berlangsung di Jakarta dan sekitarnya sudah memasuki hari kedua. Pada hari pertama operasi ini berlangsung, sebanyak 489 pengendara yang melanggar dikenai hukuman tilang.

Kasubdit Gakkum Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya AKBP Argo Wiyono menyebut, ada sebanyak 775 pengendara yang ditindak. Penindakan terhadap ratusan pengendara tersebut dilakukan mulai dari peneguran hingga penilangan.

"Ada 775 penindakan di antaranya 489 tilang dan 286 teguran," kata AKBP Argo saat dihubungi wartawan, Selasa (16/11/2021).

Argo menyebut pelanggar terbanyak didominasi oleh pengendara sepeda motor roda dua. Jenis pelanggaran terbanyak yakni tidak menggunakan helm.

Baca juga: Jalani Operasi Zebra Jaya 2021, Ini Pesan Kapolda Metro kepada Jajarannya

"Banyaknya lawan arus, tidak menggunakan helm, TNKB tidak dipasang di belakang, dan knalpot, ada kurang lebih 15-an pelanggar," beber Argo.

Polda Metro Jaya menggelar operasi lalu lintas dengan sandi Operasi Zebra selama dua pekan, mulai 15 November hingga 28 November 2021. Operasi ini digelar di Jakarta dan wilayah penyangga Jakarta.

Sejumlah pelanggaran berlalu lintas menjadi target sasaran dari operasi ini. Operasi ini tidak akan dilakukan dengan razia, melainkan dengan cara patroli.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Gema Trisna Yudha

Tags

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X