Hasil Penelitian Tentang Mematikan Kamera saat Rapat Virtual Membantu Mengurangi Kelelahan

- Rabu, 1 September 2021 | 21:22 WIB
Ilustrasi. (Photo/Ilustrasi/Unsplash)
Ilustrasi. (Photo/Ilustrasi/Unsplash)

Pandemi dan pembatasan yang masih berlangsung telah menyebabkan perubahan besar dalam kehidupan kerja dan telah mengakibatkan banyak karyawan harus bekerja dari rumah dan terbiasa dengan pertemuan virtual sebagai bagian dari kehidupan sehari-hari.

Meningkatnya penggunaan rapat virtual telah menyebabkan banyak pekerja merasa terkuras dan kekurangan energi, perasaan yang sekarang umumnya dikenali sebagai 'Kelelahan Zoom' (Zoom Fatigue).

Sayangnya, seperti yang mungkin banyak dari kita ketahui, tidak banyak yang dapat kita lakukan untuk menghindari pertemuan virtual karena mereka pasti telah menggantikan interaksi tatap muka di tempat kerja di masa mendatang.

Namun, penelitian yang dilakukan oleh University of Arizona di Amerika Serikat telah mengungkapkan bahwa kamera mungkin menjadi salah satu penyebabnya.

-
(Photo/Ilustrasi/Unsplash)

Baca juga: Karyawan Nike Diberi Libur Seminggu untuk Istirahat Agar Tak Stres Akibat Tekanan Pandemi

McClelland Profesor Manajemen dan Organisasi dan Universitas Distinguished Scholar Penelitian Allison Gabriel yang diterbitkan dalam Journal of Applied Psychology melihat peran kamera dalam kelelahan karyawan dan mengeksplorasi apakah perasaan ini lebih buruk bagi karyawan tertentu.

"Selalu ada asumsi bahwa jika Anda memiliki kamera selama rapat, Anda akan lebih terlibat. Tetapi ada juga banyak tekanan presentasi diri terkait dengan berada di depan kamera. Memiliki latar belakang profesional dan terlihat siap, atau menjauhkan anak-anak dari kamar adalah beberapa dari beberapa tekanan,” ungkapnya dalam penelitiannya.

Setelah percobaan empat minggu yang melibatkan 103 peserta dan lebih dari 1.400 pengamatan, Gabriel dan rekan-rekannya menemukan bahwa memang lebih melelahkan untuk menyalakan kamera selama rapat virtual.

“Ketika orang-orang memiliki kamera atau diminta untuk tetap menyalakan kamera, mereka melaporkan lebih banyak kelelahan daripada rekan-rekan mereka yang tidak menggunakan kamera, kelelahan itu berkorelasi dengan lebih sedikit suara dan lebih sedikit keterlibatan selama rapat,” tambah dia.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X