Mensos dan Gubernur Kepri Minta Warga Natuna Tak Khawatir

- Minggu, 2 Februari 2020 | 22:54 WIB
Kiri: Mensos Juliari Batubara (ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga) / Kanan: Plt Gubernur Provinsi Kepri, Isdianto. (ANTARA/Ogen)
Kiri: Mensos Juliari Batubara (ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga) / Kanan: Plt Gubernur Provinsi Kepri, Isdianto. (ANTARA/Ogen)

Mensos Juliari Batubara, mengimbau warga Natuna dan sekitarnya agar tidak khawatir dengan kedatangan warga negara Indonesia (WNI) yang dievakuasi dari Wuhan, Tiongkok melalui Natuna.

"Pemerintah Indonesia tentu sudah memperhitungkan secara matang, pencegahan dan antisipasi penyebaran virus korona kata Juliari Batubara, Minggu (2/2/2020).

Juliari menjelaskan bahwa Natuna dipilih sebagai pintu masuk evakuasi WNI dari Wuhan ke Indonesia, karena Natuna itu wilayah geografisnya cukup jauh dari pulau lainnya. Jadi, ini memenuhi unsur keamanan.

"Suka atau tidak suka, itu adalah salah satu pertimbangannya, sehingga dari aspek kesehatan akan lebih aman," katanya.

Politisi PDIP ini juga menegaskan bahwa pemerintah Indonesia akan melindungi seluruh warganya. Tim evakuasi yang mengevakuasi sebanyak 241 WNI dari Wuhan ke Natuna di Indonesia adalah tim gabungan dari beberapa kementerian dan lembaga terkait.

Menurut dia, Pemerintah Indonesia melakukan langkah evakuasi ini dengan sangat cermat dan hati-hati, karena virus korona sudah mewabah.

Senada dengan mensos, Plt Gubernur Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) Isdianto juga meminta warga Natuna tidak cemas.

“Beri kepercayaan kepada tim yang sudah ditunjuk pemerintah untuk menangani pemulangan ini. Ini semua dalam rangka cegah tangkal, sehingga semua prosedur harus dijalani,” kata Isdianto di Tanjungpinang, Minggu (2/2/2020).

"Mereka akan diobservasi selama 14 hari. Mereka ditangani para dokter spesialis dan tim yang sudah ditunjuk pemerintah," sebut Isdianto.

WNI yang masuk ruang isolasi juga tak boleh meninggalkan ruang isolasi tersebut, dan akan diawasi 24 jam selama masa observasi.

“Sekali lagi, beri kepercayaan kepada tim. Pemerintah pasti melindungi warganya,” tegas Isdianto.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Zega

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X