Menyentuh Hati, Ini Pesan 2 Bos Gojek Bagi Karyawan yang Terkena PHK

- Rabu, 24 Juni 2020 | 11:40 WIB
Dua Co-CEO Gojek Kevin Aluwi (kanan) dan Andre Soelistyo (kiri). (ANTARA/Arindra Meodia).
Dua Co-CEO Gojek Kevin Aluwi (kanan) dan Andre Soelistyo (kiri). (ANTARA/Arindra Meodia).

Manajemen Gojek memutuskan untuk melakukan PHK terhadap 430 orang karyawan mereka yang selama ini mengurus layanan GoLife dan GoFood Festival. Sejak pandemi corona menyerang, kedua layanan tersebut tak lagi efektif dan perusahaan terpaksa menutupnya. 

Dalam sebuah pertemuan besar yang mereka sebut Townhall Meeting, Co-CEO Gojek, Andre Soelistyo dan Kevin Aluwi memberikan pesan khusus kepada para karyawan yang terimbas PHK. 

"Alasan kami mengadakan townhall meeting dengan setiap divisi, bukan hanya mengadakan satu kali townhall besar bagi semua karyawan di perusahaan, karena kami ingin menyampaikan secara lebih personal mengenai kabar ini, dan membuat setiap karyawan memiliki kesempatan untuk bisa memahami apa artinya keputusan ini bagi kalian di setiap departemen," ujar Co-CEO Gojek, Soelistyo, dikutip dari pesan email manajemen Gojek kepada karyawan terimbas PHK, tertanggal Selasa (23/6/2020). 

Andre berkisah, ketika ia memulai sebagai Co-CEO, ia mengatakan kepada setiap orang bahwa ia akan senantiasa melakukan segala sesuatu dengan kepala dingin dan pikiran matang, apapun situasi yang dihadapi Gojek. 

"Saya berharap janji tersebut bisa meyakinkan kalian bahwa keputusan ini sama sekali tidak mudah dan diambil setelah melalui proses kontemplasi yang panjang dan pemikiran yang matang. Ini merupakan keputusan tersulit yang pernah saya ambil selama sejarah saya di Gojek. Saya berharap kita dapat membangun perusahaan yang bisa membawa kita semua ke babak selanjutnya. Namun, dengan adanya ketidakpastian di depan kita, kita harus fokus pada misi yang kita tetapkan dan memastikan bahwa misi tersebut dapat terus tumbuh dan ada," tuturnya. 

Andre mengaku telah melakukan berbagai langkah untuk mengoptimalkan perusahaan supaya dapat terus tumbuh dan memiliki dampak. Namun ia mengaku sangat naif karena berpikir bahwa pertumbuhan akan terus terjadi. Ia pun memberikan pesan kepada para karyawan yang terpaksa dipecat.

-
Ilustrasi layanan Gojek. (Istimewa).

 

“Kepada kalian yang akan meninggalkan Gojek, saya tahu bahwa pertemuan keputusan ini menyebabkan kesedihan, kemarahan dan kekecewaan. Jika kalian mengizinkan saya untuk meminta satu hal kepada kalian, saya meminta janganlah kalian kehilangan rasa cinta terhadap Gojek. Saya berharap ketika kalian berada di jalan, dan melihat mitra driver Gojek yang dengan bangga memakai helm dan jaket hijau, kalian akan selalu ingat dan merasa bangga, bahwa kalian memiliki peran penting dalam mewujudkan ini semua," tuturnya. 

Sementara itu Co-CEO Gojek, Kevin Aluwi mengenang awal mula perjalanan Gojek. Ia mengaku bersyukur kepada para karyawan yang telah menaruh harapan, impian dan ambisi ke salah satu perusahaan tersebut.  

“Salah satu ketakutan terbesar saya sebagai seorang pemimpin adalah mengecewakan kalian semua dan itu adalah masa tersulit yang pernah saya rasakan selama di Gojek, hingga hari ini. Hari ini, di dalam setiap townhall meeting, saya merasa telah mengecewakan banyak dari tim kita," tuturnya. 

"Secara pribadi, saya ingin meminta maaf untuk keputusan yang harus kita ambil. Kepada kalian yang harus meninggalkan Gojek, tolong diketahui bahwa ini adalah kesalahan kami berdua, saya dan Andre, bukan kalian. Kami memohon maaf kali ini telah mengecewakan kalian. Kami sangat berterima kasih bahwa kalian telah memberikan kontribusi berarti bagi kesuksesan Gojek selama bertahun-tahun. Kalian telah menjadi bagian yang bernilai dari sejarah dan perjalanan Gojek. Setiap perusahaan akan beruntung untuk memiliki kalian di dalam tim mereka dan kami akan membantu kalian semaksimal mungkin untuk dapat melangkah lebih jauh di perjalanan karir kalian. Tolong jangan ragu untuk menghubungi saya langsung jika ada yang ingin kalian bicarakan," pungkasnya. 
 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X