KPU dan DPR Sepakat Pilkada akan Digelar Desember 2020 dengan Tatanan New Normal

- Kamis, 28 Mei 2020 | 14:12 WIB
Ketua KPU Arief Budiman. (ANTARA FOTO/Aprillio Akbar).
Ketua KPU Arief Budiman. (ANTARA FOTO/Aprillio Akbar).

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Arief Budiman menyebutkan bahwa pihaknya dengan Komisi II DPR RI sepakat untuk menyelenggarakan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) pada Desember 2020.

Hal tersebut disampaikan oleh Arief Budiman dalam diskusi online atau virtual bersama dengan Rumah Pemilu yang disiarkan pada akun Youtube.

"Maka para pihak berpendapat, kalau begitu kita pilih di bulan Desember 2020," ucap Arief dalam diskusi tersebut, Kamis (28/5/2020).

Lebih lanjut, Arief menjelaskan bahwa pelaksanaan Pilkada tersebut akan dilakukan dengan tatanan normal baru atau new normal. Oleh sebab itu, ia pun menyebutkan kalau pihaknya mulai bekerja pada Juni mendatang.

"Kalau mau melaksanakan new normal, KPU memberikan syaratnya Juni sudah mulai bergerak bebas," ungkapnya.

Kendati demikian, Arief juga menekankan bahwa dalam pelaksanaan tahapan-tahapan maupun pada saat penyelenggaraan Pilkada nantinya akan menerapkan protokol kesehatan.

Hal tersebut disarankan oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) yang menjelaskan kalau masa pandemi tidak diketahui kapan akan berakhir atau selesai di Tanah Air.

"Menyarankan kalau pilkada tetap jalan silakan saja, tapi harus dengan protokol kesehatan yang ketat dan terukur," tutup Arief.


Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X