Di Tengah Pandemi, Jokowi Ingatkan Jajarannya Tak Lupakan Masalah Karhutla

- Selasa, 23 Juni 2020 | 11:29 WIB
Presiden Jokowi. (Instagram/jokowi)
Presiden Jokowi. (Instagram/jokowi)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan kepada seluruh jajarannya untuk tidak melupakan masalah kebakaran hutan dan lahan atau karhutla di tengah penanganan pandemi virus corona di Tanah Air.

"Di tengah kesibukan kita dalam menghadapi pandemi ini, jangan lupakan kita memiliki sebuah pekerjaan besar dalam rangka antisipasi kebakaran lahan dan hutan," ucap Jokowi dalam konferensi virtual, Selasa (23/6/2020).

Oleh sebab itu, mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut membahas bersama dengan jajarannya dalam rapat terbatas atau ratas. Apalagi, ia telah mendapatkan laporan dari BMKG mengenai musim kemarau.

"Dari BMKG saya mendapat laporan bahwa 17% wilayah kita mengawali musim kemarau di bulan April, 17% di April dan 38 % memasuki musim kemarau di bulan Mei, 27% masuk awal musim kemarau di bulan Juni," terangnya.

"Dan kemarau di sebagian besar daerah zona ini akan terjadi di bulan Agustus, kita masih memiliki persiapan satu bulan untuk mengingatkan ini meskipun seingat saya Januari atau Februari kita sudah membahas sebuah rapat besar di sini," tambah Jokowi.

Lebih lanjut, Jokowi pun mengingatkan mengenai manajemen di lapangan yang harus terkoordinasi dengan baik di area-area rawan, dan tidak lupa untuk memanfaatkan teknologi untuk penanganan karhutla.

"Manfaatkan teknologi untuk peningkatan monitoring dan pengawasan dengan sistem dashboard, saya lihat di Riau, Polda Riau saya kira sangat bagus memberikan sebuah contoh," paparnya.

"Dan saya melihat langsung dashboard itu bisa menggambarkan situasi di lapangan secara rinci dan detail saya kira kalau seluruh wilayah yang rawan kebakaran ini bisa dibuat seperti itu saya kira pengawasan akan lebih mudah," tutup Jokowi.

 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X