Jelang PSBB Total, 10 Jalur Sepeda di Jakarta Ditutup

- Sabtu, 12 September 2020 | 15:24 WIB
Warga berolahraga saat hari bebas kendaraan bermotor atau Car Free Day (CFD) di Jalan Gajah Mada, Jakarta, Minggu (28/6/2020). (INDOZONE/Arya Manggala)
Warga berolahraga saat hari bebas kendaraan bermotor atau Car Free Day (CFD) di Jalan Gajah Mada, Jakarta, Minggu (28/6/2020). (INDOZONE/Arya Manggala)

Angka penularan Covid-19 di DKI Jakarta yang belakangan terus menembus angka diatas 1.000 kasus baru per hari, membuat Pemprov DKI Jakarta kembali meniadakan 10 Kawasan Khusus Pesepeda (KKP) di 5 Wilayah Kota Jakarta.

Pemberlakuan ini sebagai tindak lanjut dari kebijakan penarikan rem darurat (Emergency Brake Policy) dengan menetapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di ibukota mulai Senin, 14 September 2020.

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan, penutupan 10 Kawasan Khusus Pesepeda (KKP) diterapkan untuk menekan angka penularan Covid-19 yang semakin tinggi di Jakarta.

"Seiring dengan peningkatan jumlah kasus positif COVID-19 di Jakarta, maka pelaksanaan Kawasan Khusus Pesepeda mulai tanggal 13 September 2020 ditiadakan. Diimbau bagi warga yang ingin berolahraga agar tetap menjaga kebugaran, untuk dapat berolahraga di rumah masing-masing," kata Syafrin di Jakarta, Sabtu (12/9/2020).

Secara lebih khusus, Syafrin kembali menegaskan, hal yang tidak boleh disepelekan masyarakat adalah menghindari kerumunan yang dapat menjadi sumber penularan virus dan pilihan paling tepat adalah tetap berada di rumah untuk menjaga keselamatan diri dan keluarga.

"Hindari berkumpul atau kongkow-kongkow yang menimbulkan kerumunan. Tetap melaksanakan protokol kesehatan dengan baik dan benar. Ingat dan laksanakan 3M yaitu Memakai masker, Menjaga jarak dan Mencuci tangan," terang Syafrin.

Adapun Kawasan Khusus Pesepeda yang ditiadakan ada di 10 lokasi yakni, untuk wilayah Jakarta Pusat jalur KKP yang ditutup yakni Jalan Gajah Mada Jalan Hayam Wuruk dan Jalan Benyamin Sueb. Wilayah Jakarta Barat ada Jalan Gajah Mada dan Jalan Hayam Wuruk. Untuk Jakarta Utara ada jalur di Jalan Danau Sunter Selatan dan Jalan Benyamin Sueb.

Sementara di Jakarta Timur ada jalur Jalan Raya Raden Intan dan Jalan KBT Sisi Utara. Jalur KKP di Jakarta Selatan yakni Jalan Layang Non Toll Antasari. Penutupan ini berlangsung selama PSBB Total berlangsung sesuai dengan instruksi Gubernur.
 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

X