Inilah 7 Agen Rahasia Paling Hebat di Dunia Sepanjang Sejarah

- Kamis, 11 Juli 2019 | 17:34 WIB
Istimewa
Istimewa

Pekerjaan sebagai agen rahasia memang sangat menarik sekaligus menantang. Mereka yang menjalani profesi ini pun tidak sembarangan dipilih. Orang-orang terpilih menjadi agen rahasia harus memiliki keahlian khusus dalam menganalisis dan memecahkan kasus tertentu.

Ada banyak agen rahasia yang tersebar di berbagai negara. Hanya, 7 orang berikut ini dikenal sebagai mata-mata paling hebat sepanjang sejarah di dunia. Simak ulasannya!

1. Aldrich Ames, Amerika Serikat

-
Istimewa

Aldrich Ames berperan sebagai agen ganda untuk Amerika dan Uni Soviet. Dia lahir di Wisconsin, Amerika Serikat. Di Amerika, Ames bekerja di badan keamanan negara yaitu CIA. Namun suatu hari, dia menjual data para agen CIA pada Uni Soviet dengan imbalan uang sebesar 4,6 juta dolar AS. Akibat tindakannya itu, Ames dipenjara seumur hidup di penjara US Penitentiary, Pennsylvania.

2. Klaus Fuchs, Jerman

-
photo/Wikipedia

Fuchs adalah seorang fisikawan yang juga bekerja sebagai agen rahasia. Dia memiliki keahlian membuat senjata nuklir dan model bom hidrogen. Di Jerman, Fuchs diduga terlibat sebagai anggota partai komunis. Dia bahkan diketahui sempat bekerja untuk pemerintahan Nazi. Namun, Fuchs justru melakukan kesalahan dengan memberi bocoran informasi pada Uni Soviet. Pemerintah Inggris akhirnya menjatuhkan hukuman 14 tahun penjara. Namun, dia dibebaskan setelah menjalani 9 tahun masa kurungan dan dikirim kembali ke Jerman.

3. George Blake, Belanda

-
photo/Wikipedia

Agen rahasia dari Belanda ini mulai berkarir untuk Inggris dalam Perang Dunia II. Namun, Blake tertangkap Korea Utara dan ditahan selama tiga tahun. Pada tahun 1953, dia kembali ke Inggris dan dianggap sebagai pahlawan. Namun, tak ada yang tahu bahwa Blake sudah bekerja untuk Uni Soviet dan membocorkan jaringan MI6 ke Eropa Timur.

4. Sidney Reilly, Ukraina

-
headstuff.com

Agen rahasia berikutnya adalah Sidney Reilly yang terkenal sebagai mata-mata MI6. Karena keahlian dan karismatik Reilly, dia dijuluki 'Ace of Spies'. Dia pernah menjadi agen rahasia di sejumlah negara, seperti Jepang, Jerman, dan Kanada. Dia juga menjadi dalang di balik aksi penggulingan pemerintahan Uni Soviet pada 1925. Namun, Reilly justru tertangkap dan dijatuhi hukuman mati.

5. Richard Sorge, Azerbaijan

-
photo/Nippon.com

Sorge tercatat sebagai agen rahasia Uni Soviet yang paling terkenal. Dia bertugas untuk memata-matai Jepang pada Perang Dunia II dengan menyamar sebagai jurnalis. Kemampuannya tidak diragukan lagi, dia bahkan berhasil membangun jaringan di Jepang. Namun, dia tertangkap pada 1941 dan dijatuhi hukuman gantung.

6. Dusan Popov, Serbia

-
photo/Wikipedia

Karakter Dusan Popov disebut-sebut sebagai inspirasi karakter James Bond. Dusan Popov bekerja untuk MI6 di negaranya dan aktif pada masa Perang Dunia II. Salah satu hasil kerjanya adalah berhasil memprediksi tentang serangan Jepang terhadap Pearl Harbour. Namun, ketika itu FBI sama sekali tidak memercayainya.

7. Mata Hari, Belanda

-
Istimewa

Dia adalah agen rahasia wanita paling terkenal di dunia sepanjang sejarah. Mata Hari juga dikenal sebagai penari seksi dan wanita penghibur di Paris. Namun dibalik itu, dia berprofesi sebagai mata-mata Jerman. Namun, aksi Mata Hari terbongkar pada tahun 1917 dengan kode nama H-21. Dia ditangkap di Paris pada 13 Februari 1917 dan ditembak mati tujuh bulan kemudian.

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X