5 Pernikahan dengan Mas Kawin Unik yang Pernah Ada

- Sabtu, 6 Juli 2019 | 14:22 WIB
Pexels
Pexels

Salah satu hal penting dalam proses pernikahan adalah mas kawin. Biasanya ini dipersiapkan oleh pihak mempelai laki-laki untuk diberikan kepada mempelai wanita saat acara pernikahan berlangsung.

Mas kawin disebut sebagai salah satu syarat dalam agama maupun tradisi adat istiadat. Di Indonesia sendiri, umumnya jenis mas kawin yang sering digunakan adalah uang tunai dan seperangkat alat salat. Namun, beberapa orang justru memberikan mas kawin dalam bentuk selain uang.

Berikut ini 5 pernikahan dengan mas kawin unik yang pernah ada, seperti yang sudah dirangkum oleh Indozone, Sabtu (6/7):

1. Kain Kafan

-
Facebook/Arya Saunjaya

Selain dalam bentuk uang, mas kawin juga bisa diberikan berupa benda. Seperti pernikahan pasangan Ariyanti dan Indra di Bekasi pada Maret 2017. Pernikahan mereka menjadi viral karena mas kawin yang diberikan pihak mempelai pria adalah kain kafan. Rupanya, ini merupakan permintaan Ariyanti sendiri. Dia ingin ketika dia nanti meninggal, maka kain kafan dari suaminya itulah yang membalut tubuhnya.

2. Segelas Air Putih

-
Facebook/Purwanto

Yang satu ini pun tak kalah unik. Tepatnya di Aceh, pasangan Hari dan Rohani melangsungkan pernikahan di Masjid Alfalah Kampung Pea Jambu. Pernikahan ini mengundang kagum netizen. Pasalnya, mas kawin yang diberikan oleh sang pria adalah segelas air putih yang kemudian diminum oleh si mempelai wanita begitu selesai ijab kabul.

3. iPhone Terbaru

-
Ilustrasi/Pexels

Rupanya, ponsel Apple merk iPhone juga bisa dijadikan sebagai salah satu mas kawin pernikahan. Ini terjadi di kota Arab Saudi, di mana sebuah pernikahan diberi mahar berupa satu unit ponsel iPhone terbaru.

4. Babi Guling

-
Ilustrasi/Pixabay

Di Bali, sejumlah masyarakat memiliki tradisi unik di mana sang mempelai pria harus memberikan sebuah mas kawin kepada pihak wanita berupa banten sesaji dan babi guling. Banten sesaji dihadirkan saat upacara seserahan, sementara babi guling harus dibawa oleh anggota keluarga pria dan kemudian dibagikan kepada para tetangga dari pihak mempelai perempuan.

5. Uang Tunai, Bir, dan Kotak Daging

-
Ilustrasi/Unsplash

Ini terjadi di Amerika Serikat, di mana seorang ayah menikahkan putrinya yang berusia 14 tahun dengan tetangganya sendiri. Rupanya, pernikahan ini sangatlah unik di mana sang mempelai pria memberikan mahar berupa uang tunai Rp194 juta, 100 bir, dan belasan kotak daging.

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X