Ketua DPR: Prokes Harus Dilakukan Selama PON Papua XX

- Jumat, 1 Oktober 2021 | 16:01 WIB
Puan Maharani. (ANTARA-HO)
Puan Maharani. (ANTARA-HO)

Ketua DPR RI Puan Maharani mengingatkan agar protokol kesehatan (Prokes) dijalankan secara ketat pada pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua.

Menurut Puan, dengan prokes yang ketat, keselamatan atlet, ofisial, panitia dan masyarakat luas dari ancaman Covid-19 bisa terjamin.

“Penyelenggaraan PON di masa Pandemi Covid-19 memang menjadi tantangan untuk kita semua. Protokol kesehatan yang ketat menjadi salah satu kunci keberhasilan agar PON terselenggara dengan baik,” kata Puan di Jakarta, Jumat (1/10/2021).

Ia mengharapkan seluruh infrastruktur serta sarana prasarana, termasuk yang terkait dengan protokol kesehatan, telah siap jelang pembukaan PON yang kali ini mempertandingkan 37 cabang olahraga dan 10 cabang eksibisi. 

“Saat ini para kontingen sudah mulai berdatangan ke Papua. Penyelenggara harus memastikan setiap tahap protokol kesehatan dilakukan sehingga masyarakat Papua merasa aman dengan adanya kepastian seluruh pihak yang terlibat dalam kondisi sehat saat datang,” tutur Puan.

Mantan Menko PMK ini berkata kesehatan para atlet di PON Papua harus diperhatikan. Mengingat pesta olahraga ini dilakukan saat pandemi Covid-19.

Baca juga: Menko PMK: Penonton Wajib Sudah Divaksin dan Kapasitas 25%

“Kesehatan para atlet penting diperhatikan agar kondisinya selalu prima selama pertandingan. Pastikan atlet dan tenaga ofisial ketat melaksanakan 3M, dan dalam pertandingan yang banyak bersentuhan fisik, tes Covid-19 juga jangan sampai terlewat,” imbau Puan.

Selain itu dia menekankan pentingnya ruang-ruang karantina harus siap bagi peserta maupun masyarakat yang terindikasi terpapar Covid-19. Dia mengatakan, fasilitas kesehatan di setiap venue harus optimal.

“Pisahkan tempat perawatan untuk suspect. Pastikan agar penanganan terharap pasien sesuai prosedur tanpa mengurangi faktor keselamatan dan kenyamanannya. Koordinasikan aturan kesehatan Satgas Covid-19,” tutur dia.

Pihak penyelenggara juga diharapkan selalu mengecek sertifikat vaksin para penonton pertandingan dan melakukan sterilisasi venue acara. Hal ini mengingat PON XX boleh dihadiri penonton dengan jumlah maksimal 25% dari total kapasitas venue.

“Kepada masyarakat yang ingin menyemarakkan PON Papua untuk terus disiplin Prokes dan ingat syaratnya adalah sudah divaksin jika hendak menonton di lokasi pertandingan,” ujar Puan.

PON Papua diselenggarakan di 4 wilayah yaitu di Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Mimika dan Kabupaten Merauke. Puan mendorong agar percepatan vaksinasi dikebut meski 4 wilayah itu berada di PPKM level 2 yang memiliki tingkat penyebaran COVID-19 terkendali. 

“Penyelenggara bisa bekerja sama dengan pemerintah daerah dan Satgas Penanganan Covid-19 untuk terus menyosialisasikan kepada masyarakat agar taat terhadap protokol kesehatan, termasuk agar selalu menggunakan masker,” ungkap Cucu Proklamator Bung Karno tersebut.

Halaman:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

X