Data Menyebut 1 Orang Indonesia Buang 300kg Limbah Makanan, Saatnya Kelola Sisa Makanan

- Sabtu, 25 September 2021 | 15:57 WIB
Ilustrasi petugas sampah memindahkan sampah sisa makanan ke dalam bak penampungan sampah. (NPR)
Ilustrasi petugas sampah memindahkan sampah sisa makanan ke dalam bak penampungan sampah. (NPR)

Menurut data The Economist pada tahun 2016, satu orang Indonesia membuang sekitar 300kg limbah makanan. Jumlah tersebut berhasil membuat Indonesia menempati posisi kedua pada kontestasi negara penghasil limbah makanan di dunia. 

Apabila angka tersebut terlalu besar untuk digambarkan, maka, mengutip Food and Agriculture Organization, sepertiga dari seluruh makanan yang kita hasilkan tidak berakhir menjadi konsumsi kita, melainkan sampah yang disia-siakan.

Limbah tersebut pada akhirnya hanya memiliki tiga nasib akhir; pertama menggunung dan perlahan berubah menjadi gas metana (gas rumah kaca) yang memperparah tingkat pemanasan global. Kedua, berakhir mengotori dan menjadi polusi di laut yang membahayakan biota laut.

Terakhir, limbah tersebut ‘diolah’ oleh pemerintah dengan cara memindahkan, membakar, dan menghancurkan limbah makanan. Namun, untuk ‘mengolah’ limbah tersebut, pemerintah perlu mengeluarkan 5.4 juta setiap satu ton-nya.

Untuk mengatasi problematika tersebut, tak hanya usaha dari industri penghasil makanan yang perlu melakukan kontrol produksi dan distribusi, namun, usaha dari setiap individu juga sangat berarti. 

Kirin lewat kampanyenya #SisaBisa mengingatkan masyarakat bahwa makanan yang tersisa dari dapur masing-masing tidak perlu terbuang sia-sia dan berakhir menjadi limbah makanan. Melainkan, makanan tersebut dapat diolah kembali menjadi hidangan baru.

 “Mengurangi limbah makanan merupakan salah satu cara untuk menjaga ketahanan pangan," kata Eka Arli Chandra selaku Corporate Brand Manager Kirin, dalam sairan persnya, Sabtu (25/9/2021).

Olehnya itu, lanjut dia, dengan adanya event Kirin #SisaBisa ini diharapkan dapat memberi kesadaran dan pengetahuan kepada masyarakat mengenai upaya yang bisa kita lakukan untuk mengurangi limbah makanan.

"Salah satunya yakni dengan memanfaatkan makanan sisa di dapur untuk diolah kembali menjadi hidangan baru yang kaya rasa," ungkapnyua.

Sekedar diketahui, acara Kirin #SisaBisa yang dipandu oleh Putri Habibie, yang Guru Masak Selebriti di LadyBake Cooking Class, sekolah masak bagi para pemula yang baru mulai belajar memasak, tak hanya membicarakan mengenai pengelolaan makanan sisa, tapi juga memberikan solusi dengan cara berbagi resep-resep ampuh dengan bahan-bahan sisa yang kerap dibuang. 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

X