Bupati Kubu Raya Berharap Kaum Milenial Bisa Membantu Promosikan Wisata Desa

- Selasa, 15 Juni 2021 | 09:51 WIB
 Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan. (ANTARA/Rendra Oxtora)
Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan. (ANTARA/Rendra Oxtora)

Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan mengharapkan keterlibatan dari kaum milenial di kabupaten itu untuk mengambil bagian dalam mempromosikan destinasi wisata di setiap desa.

"Hal ini sangat penting karena baik disadari maupun tidak karena dengan begitu, akan muncul daya tarik yang berujung datangnya khalayak ke destinasi tersebut. Anak-anak muda ini kan jadi buzzer di mana mereka akan berswafoto mempromosikan destinasi tersebut dan tanpa disadari, itu mengajak semua orang sehingga menjadi magnet wisata," kata Muda di Sungai Raya, Kubu Raya, Kalimantan Barat, Selasa (15/06), seperti dilansir Antara.

Ia menyebut, dengan terbangunnya daya tarik wisata di desa-desa, maka akan ada multi efek ekonomi kepada warga setempat, antara lain dengan mulai munculnya kegiatan-kegiatan ekonomi kreatif.

"Orang akhirnya bisa membuat produk-produk makanan dan macam-macam produk inovatif lainnya yang bisa mengangkat ekonomi masyarakat. Nah, di sinilah efek lanjutan yang kita kembangkan," tuturnya.

Selain itu, dia mengatakan bahwa Pemkab Kubu Raya akan memformat cara agar bagaimana kunjungan orang ke desa-desa. Karena, semakin tinggi tingkat kunjungan, tujuan efek ekonominya semakin dapat.

Untuk memajukan pariwisata daerah, Muda menungkapkan pentingnya ragam ide dan inovasi. Terlebih Kubu Raya diuntungkan secara geografis, di mana Kubu Raya menjadi pintu masuk Kalimantan Barat dari udara, darat dan air, sehingga pengembangan wisata menjadi peluang besar.

"Bahkan mampu berdampak positif kepada daerah-daerah lainnya di Kalimantan Barat. "Sekarang ni memang kita kembangkan desa-desa menjadi destinasi wisata dan mudah-mudahan kolaborasi bersama masyarakat dan pemuda di desa menjadikan mereka sadar dan fokus," katanya.

Lebih lanjut, Muda menyampaikan bahwa aalam membangun wisata desa, perlunya kreativitas dan inovasi. Apalagi di era digital serba cepat saat ini. Menurutnya, mahasiswa dan pemuda harus cekatan dan fokus pada solusi.

Maka dari itu, dirinya mengharapkan keterlibatan semua pihak, baik pemerintah maupun pihak swasta agar bisa bersama membangun potensi wisata desa yang diyakininya bisa dimaksimalkan dalam pembangunan daerah.

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X