20 Orang Hilang Setelah Hujan Lebat di Jepang Memicu Tanah Longsor

- Sabtu, 3 Juli 2021 | 14:17 WIB
Tanah longsor di Jepang. (REUTERS)
Tanah longsor di Jepang. (REUTERS)

Sebanyak 20 orang dilaporkan hilang pada hari Sabtu (3/6/2021) setelah hujan lebat melanda pusat kota Atam Jepang yang memicu tanah longsor.

Perdana Menteri Yoshihide Suga telah menyerukan pertemuan darurat untuk membahas bencana tersebut.

Dikutip dari NHK, pejabat setempat mengatakan bahwa tanah longsor menyapu rumah-rumah di kota di prefektur Shizuoka sekitar 100 km (62 mil) barat daya ibu kota, Tokyo.

Dalam video yang dibagikan di media sosial menunjukkan air menyapu kota, menghancurkan beberapa rumah di sepanjang jalurnya ketika beberapa penonton yang ketakutan berlari menyelamatkan diri.

Dalam video tersebut terdengar seorang wanita mengatakan 'itu menakutkan' hanya beberapa detik sebelum banjir bandang melanda.

Menurut laporan, polisi dan petugas pemadam kebakaran sedang mencari korban yang hilang. Sementara itu pejabat dari Shizuoka meminta bantuan dari pemerintah nasional untuk membantu dalam situasi darurat.

Operasi kereta api di dekat lokasi bencana telah dihentikan sementara tim penyelamat dan staf darurat lainnya menjelajahi daerah itu untuk mencari korban.

Dilansir NHK, rekor hujan lebat telah dilaporkan di Shizuoka serta Prefektur Kanagawa dalam 48 jam terakhir. Ini mendorong pihak berwenang meningkatkan kewaspadaan mereka tentang kemungkinan banjir dan bencana terkait.

Setidaknya satu orang dilaporkan terluka di Kanagawa setelah tanah longsor menyebabkan kendaraan terbalik.

Menurut badan meteorologi Jepang, hujan diperkirakan akan berlanjut di beberapa wilayah Jepang dalam dua hari ke depan.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X