Mobil Terbalik di Kejurnas Sprint Rally Bareng Sean Gelael, Bamsoet: Tak Ada Luka

- Minggu, 28 November 2021 | 08:52 WIB
ANTARA/HO/dok. Tim Sean Gelael
ANTARA/HO/dok. Tim Sean Gelael

Ketua MPR RI Bambang Seosatyo mengalami kecelakaan saat mengikuti Kerjunas Rally di Meikarta, Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (27/11/2021). Politikus Golkar yang kerap disapa Bamsoet itu berada satu mobil dengan pembalap nasional, Sean Gelael, yang mengemudikan mobil Citroen C3 R5.

Berdasarkan video yang beredar, mobil yang ditumpangi Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) itu sempat terbang dan terbalik beberapa kali. Alhasil mobil yang dikemudikan Sean tersebut ringsek di bagian belakangnya.

"Alhamdulillah saya serta Sean selamat tanpa mengalami luka-luka. Selain karena kendaraan Citroen C3 R5 yang terkenal memiliki tingkat safety level internasional, yang di homologasi World Rally kelas 2, saya dan Sean bisa selamat dari kecelakaan karena Sean yang berada di balik kemudi bisa tetap tenang walau posisi mobil terbalik," kata Bamsoet kepada wartawan, Minggu (28/11/2021).

Bamsoet bercerita, usai mengalami kecelakaan dan mobil tersebut terbalik, kemudian Sean keluar dari mobil untuk membalikan kendaraanya. Sementara dirinya tetap berada di dalam mobil, sebelum akhirnya dibantu keluar oleh Sean.

"Di situ saya menyaksikan langsung mental Sean sebagai pembalap level dunia. Meski mobil terbalik, ia tetap tenang. Menanyakan keadaan saya, dan kemudian mengarahkan agar saya tidak bergerak. Sean keluar mobil dulu, baru membantu saya keluar dari mobil," kata dia menguraikan.

Mantan Ketua DPR RI ini menjelaskan, walaupun mengalami kecelakaan di pengalaman pertamanya mengikuti sprint rally, dirinya tetap bahagia. Karena setiap kegiatan apapun yang dilakukan, pasti tidak lepas dari risiko. Termasuk risiko kecelakaan saat mengikuti kejuaraan olahraga balap.

"Pengalaman berkesan yang tidak akan terlupakan. Bukan karena kecelakaannya, melainkan karena bisa mengetahui bagaimana rasanya perjuangan para atlet saat berada di lintasan balap. Apalagi jika sedang berjuang di kejuaraan internasional untuk mengharumkan nama bangsa," kata Bamsoet.

Bamsoet menerangkan, saat balapan tersebut sebenarnya cuaca dan lintasan berada dalam kondisi yang bagus sedari pagi. Namun kejadian di lintasan balap berkata lain. Karena itulah, dirinya mengingatkan kembali kepada setiap pembalap dan official timnya, untuk senantiasa menerapkan standar keselamatan yang tinggi bagi kendaraannya. Tidak boleh ada tawar menawar terhadap keselamatan.

"Sehebat apa pun pembalap, pasti tidak bisa menghindari risiko terjadinya kecelakaan. Karena itu diperlukan manajemen yang handal dan kekompakan bersama timnya. Agar senantiasa menerapkan berbagai standar keselamatan," ucapnya.

"Saya dan Sean bisa selamat dari insiden hari ini, selain karena kemampuan Sean yang hebat, juga karena mobilnya telah memenuhi berbagai aspek keselamatan," kata Bamsoet.

Artikel Menarik Lainnya :

Editor: Gema Trisna Yudha

Tags

Rekomendasi

Terkini

X