Perjalanan Karier Muhyiddin Yassin Hingga Terpilih Jadi PM Malaysia

- Minggu, 1 Maret 2020 | 09:53 WIB
Muhyiddin Yassin. (REUTERS/Lim Huey Teng)
Muhyiddin Yassin. (REUTERS/Lim Huey Teng)

Istana Negara Malaysia menyatakan Tan Sri Muhyiddin Yassin akan dilantik sebagai Perdana Menteri (PM) Malaysia ke-8 pada Minggu (1/3/2020) waktu setempat.

Dikutip dari media Malaysia Thestar, Minggu (1/3/2020), rencana pelantikan Muhyiddin Yassin semakin memperkecil harapan Mahathir Mohamad untuk kembali berkuasa. Karena sebelumnya, Mahathir kembali mencalonkan dirinya sebagai PM.

Lalu siapa sebenarnya Muhyiddin Yassin?

Muhyiddin Yassin dilahirkan pada 15 Mei 1947 merupakan Presiden Partai Pribumi Bersatu Malaysia (Bersatu). Muhyiddin Yassin juga membentuk Partai Bersatu dengan Mahathir pada 2016.

Politisi berusia 72 tahun itu dikabarkan juga sempat bekerja di berbagai perusahaan milik negara. Ia memasuki arena politik pada 1978 sebagai anggota parlemen untuk Pagoh, Johor melalui Organisasi Nasional Melayu Bersatu (UMNO).

Lulusan Universitas Malaya itu juga pernah menjalankan sebuah jabatan penting di Partai UMNO, termasuk Wakil Presiden UMNO. Ia juga pernah menjabat sebagai Menteri Besar (Ketua Menteri) Negara Bagian Johor dari 1986 hingga 1995, di bawah pemerintahan Mahathir.

Kemudian, ia pernah menjabat sebagai menteri di kabinet selama dua masa jabatan Perdana Menteri Mahathir, serta selama jabatan mantan PM Najib Razak dan Abdullah Badawi.

Sebelum dilantik sebagai PM Malaysia ke-8, Muhyiddin Yassin menjabat Menteri Dalam Negeri Malaysia sejak 21 Mei 2018.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X