Setidaknya 37 Makam Kena Longsor di TPU Cikutra Bandung

- Minggu, 3 Mei 2020 | 17:56 WIB
Warga melihat sejumlah makam yang rusak terdampak longsor di TPU Cikutra, Bandung, Jawa Barat (ANTARA FOTO/Novrian Arbi)
Warga melihat sejumlah makam yang rusak terdampak longsor di TPU Cikutra, Bandung, Jawa Barat (ANTARA FOTO/Novrian Arbi)

Camat Cibeunying Kaler Kota Bandung, Jawa Barat, Suardi menyebut sejauh ini ada 37 makam di beberapa titik yang tergerus akibat longsor di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Cikutra.

Seluruh makam yang tergerus longsor, bahkan ada yang rusak itu terbagi di tiga titik, yakni titik di Blok E, Blok F dan makam wakaf di luar wilayah TPU Cikutra.

Makam yang telah tergerus dan yang berpotensi tergerus, akan dipindahkan ke titik yang lebih aman.

"Ada 37 makam yang terdampak. Seluruhnya akan dipindahkan ke Blok G, baik yang tergerus dan yang berpotensi (terkena) longsor," kata Suardi di TPU Cikutra, Kota Bandung, Sabtu (2/5/2020).

Menurutnya, longsor diduga disebabkan oleh hujan deras pada malam sebelumnya. Akibatnya, aliran sungai yang deras menggerus bantaran sungai sekitar makam.

Di kawasan TPU Cikutra itu memang terdapat aliran Sungai Cidurian maupun aliran anak sungainya. Sejumlah makam diketahui berada di bantaran sungai tersebut.

"Beberapa waktu lalu sebelum bulan puasa, longsor sempat terjadi. Namun warga tanggap dan cepat menanggulangi potensi longsor itu," katanya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Zega

Rekomendasi

Terkini

X