Penerbangan di Yahukimo Lumpuh karena Ulah KKB, Pesawat Hercules Dikerahkan

- Jumat, 17 Maret 2023 | 09:36 WIB
Buntut KKB ganggu penerbangan di Yahukimo, pesawat Hercules dikerahkan. (Dok. Polda Papua)..
Buntut KKB ganggu penerbangan di Yahukimo, pesawat Hercules dikerahkan. (Dok. Polda Papua)..

Buntut dari sejumlah teror yang dilakukan oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Yahukimo, Papua membuat penerbangan disana terganggu. TNI sendiri mengerahkan Pesawat Hercules untuk membantu penerbangan di sana.

Pesawat udara yang dikerahkan yakni berjenis Hercules A-1315 tipe C-130 milik TNI-AU. Pesawat tersebut dikerahkan lantaran tidak adanya penerbangan pada Kamis, 16 Maret 2023 pasca teror dari KKB.

"Tidak beroperasinya pesawat komersil pasca rentetan kejadian di Yahukimo membuat warga yang seharusnya berangkat karena keperluan pribadi, keluarga atau dinas menjadi terhambat. Oleh karena itu mereka memanfaatkan Pesawat Hercules untuk berangkat ke Jayapura dari Yahukimo," kata Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Ignatius Benny dalam keterangan tertulisnya kepada wartawan, Jumat (17/3/2023).

Baca Juga: Baku Tembak di Papua dengan KKB, 1 Prajurit Tewas!

Masyarakat ketakutan dengan teror KKB di Yakuhimo

-
Buntut KKB ganggu penerbangan di Yahukimo, pesawat Hercules dikerahkan. (Dok. Polda Papua).

Benny mengungkap masyarakat di sana saat ini merasa takut lantaran peristiwa teror yang terjadi belakangan ini di Yahukimo. Namun, masyarakat tetap harus beraktivitas menggunakan pesawat karena kewajiban mereka masing-masing.

"Tidak semua warga meninggalkan Kota Dekai karena takut dengan adanya situasi keamanan, tetapi mereka memang ada urusan yang perlu diselesaikan sehingga menunggu pesawat hercules sebagai moda transportasi udara," ucapnya.

Sebelumnya, KKB sempat melancarkan aksi terornya di Bandara Nop Goliat Dekai, Yahukiomo, Papua beberapa waktu lalu. Pesawat yang saat itu sedang take off ditembaki oleh KKB.

Baca Juga: KKB kembali Berulah Tembak Warga Sipil, 1 Tewas dan 6 Lainnya Terluka

Akibatnya, penerbangan dari Bandara tersebut terganggu. KKB menembak secara beruntut ke arah pesawat yang hendak lepas landas tersebut.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X