Anak Sekolah di NTT Masuk Jam 5 Pagi, PDIP: Jangan Buat Kebijakan Berdasarkan Feeling!

- Rabu, 1 Maret 2023 | 14:43 WIB
Sejumlah guru Sekolah Menengah Atas (SMA) memberikan pengarahan kepada para siswa saat apel pagi di SMA Negeri I Kupang di Kota Kupang, NTT, (ANTARA FOTO/Kornelis Kaha)
Sejumlah guru Sekolah Menengah Atas (SMA) memberikan pengarahan kepada para siswa saat apel pagi di SMA Negeri I Kupang di Kota Kupang, NTT, (ANTARA FOTO/Kornelis Kaha)

Anggota Komisi X DPR RI dari Fraksi PDIP Andreas Hugo Pareira menilai Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT) Viktor Laiskodat tak mempunyai alasan yang kuat untuk mewajibkan siswa SMA/SMK di NTT masuk sekolah jam 05:00 WITA. Menurutnya, kebijakan tersebut dibuat hanya berdasarkan selera Viktor. 

"Kebijakan ini tidak punya cukup kuat dan jelas alasannya, untuk merubah awal jam belajar siswa SMA/SMK menjadi jam 5 pagi. Jangan suatu kebijakan dibuat hanya atas dasar feeling dan selera pembuat kebijakan," kata Andreas kepada wartawan, Selasa (28/2/2023).

Baca Juga: DPR Kritik Kebijakan Gubernur NTT Terkait Masuk Sekolah Jam 5 Pagi, Ini Alasannya!

Lebih lanjut Andreas mengingatkan, agar Pemprov NTT beserta jajaran di Dinas Pendidikan untuk tidak menjadikan siswa sebagai objek uji coba suatu kebijakan. Dia meminta, supaya kebijakan tersebut juga dikaji ulang. 

"Jangan jadikan siswa/i kita menjadi 'kelinci percobaan'. Sebaiknya Dinas Pendidikan Provinsi mengkaji ulang kebijakan ini," tegasnya. 

Lebih lanjut, Andreas mengungkapkan, banyak entitas di dunia pendidikan yang menolak kebijakan Gubernur Viktor. Hal ini diketahui langsung oleh Andreas lantaran tengah berada di dapil Flores NTT.

"Saya lagi di Dapil, di Flores. Di daerah ramai penolakan dari sekolah, para guru dan orang tua siswa terhadap kebijakan ini," pungkasnya.

Baca Juga: Tak Setuju Kebijakan Anak Sekolah di NTT Masuk Jam 5 Pagi, DPR: Terlalu Pagi Itu!

Sebelumnya, kebijakan Gubernur NTT Victor Laiskodat disampaikan dalam pertemuan dengan sejumlah guru dan kepala sekolah SMA dan SMK di Kota Kupang pada 23 Februari 2023 lalu yang potongan videonya viral di Kota Kupang.

Dalam video tersebut Viktor Laiskodat ingin agar aktivitas sekolah khusus bagi SMA dan SMK dimulai pukul 05.00 WITA untuk meningkatkan etos kerja anak-anak SMA dan SMK.

Orang nomor satu di NTT itu menginginkan agar dengan sekolah mulai pukul 05.00 WITA, bisa menciptakan para pelajar dan sekolah yang unggul. Bahkan Gubernur Laiskodat menginginkan satu atau dua sekolah di NTT harus masuk 200 sekolah unggul nasional.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X