Pemerintah akan Naikan Tarif Mulai 14 Agustus, Pengguna Ojol 'Teriak' Keberatan

- Rabu, 10 Agustus 2022 | 15:15 WIB
Ilustrasi ojek online (Freepik)
Ilustrasi ojek online (Freepik)

Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan (Kemenhub) resmi akan menaikkan tarif ojek online atau ojol pada tiga zonasi. Aturan tersebut pun rencananya bakal efektif berlaku pada 14 Agustus mendatang. 

Hal itu tertuang dalam Keputusan Menteri (KM) Perhubungan Nomor KP 564 Tahun 2022 tentang Pedoman Perhitungan Biaya Jasa Penggunaan Sepeda Motor yang Digunakan untuk Kepentingan Masyarakat yang Dilakukan dengan Aplikasi. 

Dengan adanya kenaikan tersebut, para pengguna ojol pun ramai-ramai mengungkapkan keluhan mereka di media sosial. Banyak yang mengecam karena kenaikan itu tak seiring dengan pendapatan atau gaji yang diterima. 

"Semuanya naik. Tarif ojol naik, tarif pajak naik, bensin naik, sembako naik. Cuma gaji doang ga naik-naik," tulis akun Twitter @iwakbelampu yang dikutip, Rabu (10/8/2022). 

"Tarif ojol naik, harga mie instant jg akan naik. Hadapi dgn jalan kaki dan air rebus ," tambah akun @aries_widojoko. 

Baca Juga: Perhatian! Tarif Ojek Online Resmi Naik, Segini Harganya

"Definisi badmood hari ini adalah mendengar mie mau naik 3x lipat dan tarif ojol naik.. haazzhh," timpal akun @vinylusang. 

Kendati demikian, adapula pengguna ojol yang tak mempermasalahkan kenaikan tarif itu, asalnya pihak penyedia aplikasi mampu bersikap adil dengan pengemudi ojol untuk mendapatkan penghasilannya. 

"Gua gapapa tarif ojol naik asalkan adil buat abangnya ga kaya yg sekarang kebanyakan potongannya," tulis akun @riszayun. 

Sebelumnya, Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Hendro Sugiatno mengatakan dalam aturan ini, perusahaan aplikasi diminta segera melakukan penyesuaian tarif, yang nantinya akan menjadi pedoman sementara bagi penetapan batas tarif atas dan bawah ojek online

"Dalam KM Nomor KP 564 Tahun 2022 ini kami telah melakukan evaluasi batas tarif terbaru yang berlaku bagi ojek online. Selain itu sistem zonasi masih berlaku 3 zonasi,” ujarnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X