Ketua DPR Minta Aturan Pembelian Minyak Goreng Pakai PeduliLindungi Tak Sulitkan Rakyat

- Selasa, 28 Juni 2022 | 13:17 WIB
Ilustrasi minyak goreng (kiri), Ilustrasi aplikasi PeduliLindungi (kanan). (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/Feny Selly)
Ilustrasi minyak goreng (kiri), Ilustrasi aplikasi PeduliLindungi (kanan). (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/Feny Selly)

Ketua DPR RI, Puan Maharani mengingatkan agar pemerintah dapat melakukan sosialisasi pembelian minyak goreng curah dengan aplikasi PeduliLindungi secara masif.

Tetapi, Puan menekankan hal yang perlu diperhatikan, kebijakan tersebut jangan sampai menyulitkan rakyat. Khususunya mereka yang tidak mempunyai handphone untuk mengakses PeduliLindungi.

“Dan perlu diperhatikan, jangan sampai kebijakan menyulitkan rakyat. Khususnya bagi masyarakat yang tidak memiliki smartphone untuk mengakses aplikasi PeduliLindungi,” kata Puan kepada wartawan, Selasa (28/6/2022).

Puan memahami, penggunaan aplikasi PeduliLindungi dimaksudkan agar pemerintah dapat mengecek distribusi minyak goreng secara real time sebagai antisipasi penyelewengan yang menyebabkan kelangkaan. 

Baca Juga: DPR Bakal Kaji Legalisasi Ganja untuk Keperluan Medis

Meski begitu, ia menilai sosialisasi tidak bisa hanya sekadar mengandalkan teknologi informasi saja.

“Harus ada pendekatan langsung ke masyarakat, ke pedagang, agar mereka benar-benar memahami transisi sistem pembelian minyak goreng,” tutur Puan.

Mantan Menko PMK tersebut mengingatkan agar pengawasan dilakukan secara seksama. Sebab, kata Puan, bukan tidak mungkin pembelian dengan metode ini dimanfaatkan oleh oknum-oknum yang mencari keuntungan.

“Harus dihindari munculnya tindak kecurangan atau oknum calo yang memanfaatkan kesulitan pembeli yang tidak bisa mengakses aplikasi PeduliLindungi dengan meminta tambahan harga. Tentu pengawasan harus dibantu dari tim Satgas Pangan Polri,” tegas dia.

Lebih lanjut, politisi PDIP ini mengharapkan program yang digalakan pemerintah ini. Namun, dengan catatan sosialisasi program tersebut bisa berjalan lurus.

“Kita berharap program ini berhasil dalam mengatasi kelangkaan minyak goreng yang berdampak terhadap kenaikan harga. DPR juga berharap ada evaluasi selama masa sosialisasi ini sehingga kita bisa temukan formula terbaik dalam sistem pembelian minyak goreng,” tutupnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

X