Menkes Budi: Kasus Varian B117 Asal Inggris Tambah 4 Kasus

- Senin, 8 Maret 2021 | 18:27 WIB
Ilustrasi penelitian varian baru virus corona. (freepik/prostooleh)
Ilustrasi penelitian varian baru virus corona. (freepik/prostooleh)

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengatakan terdapat tambahan empat pasien COVID-19 yang ditemukan memiliki varian B117 dari Inggris dan telah melakukan pelacakan kontak erat dari keempat orang tersebut.

"Hasil kerja sama lab antara Kemenkes dengan Kemristek/BRIN sudah menemukan empat lagi yang terkonfirmasi," kata Menkes Budi Gunadi seperti dilansir Antara, Senin (8/3/2021).

Keempat orang tersebut ditemukan di Sumatera Selatan pada 11 Januari 2021, satu pasien di Kalimantan Selatan pada 6 Januari 2021, satu pasien di Kalimantan Timur pada 12 Februari dan pasien terakhir ditemukan di Sumatera Utara pada 28 Januari 2021.

BACA JUGA: UPDATE CORONA RI 8 Maret: Tambah 6.894, Sembuh 8.725

Budi menegaskan bahwa keempat pasien itu sudah diuji dan dipastikan memiliki varian B117 dari Inggris itu. Keempatnya saat ini sudah dinyatakan sembuh dari COVID-19.

Pelacakan kontak erat dari keempat pasien dengan varian B117 itu terus dilakukan dengan harapan hasil dari pengujian akan segera keluar.

"Untuk tindak lanjutnya sekarang kita sedang melakukan surveillance terhadap kontak erat mereka dan sedang kita kejar agar bisa segera dites dan genome sequencing," tambah Budi.

Dalam kesempatan itu Budi juga memastikan bahwa telah dilakukan pelacakan kontak dua pasien dengan varian B117 yang sebelumnya ditemukan dan hasil pengujian menunjukkan mereka terbukti negatif COVID-19.

Kedua pasien itu juga sudah dinyatakan sembuh serta tidak menularkan COVID-19 dan telah kembali ke rumah mereka di Jawa Barat.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X