Basarnas Berusaha Evakuasi 2 Korban Gempa Mamuju yang Tertimbun Reruntuhan Bangunan

- Jumat, 15 Januari 2021 | 22:33 WIB
Relawan Basarnas Mamuju masih berupaya melakukan evakuasi dua orang korban gempa berkekuatan 6,2 magnitudo di Mamuju, Jumat (15/01/2021)  (photo/ANTARA/M Faisal Hanapi)
Relawan Basarnas Mamuju masih berupaya melakukan evakuasi dua orang korban gempa berkekuatan 6,2 magnitudo di Mamuju, Jumat (15/01/2021) (photo/ANTARA/M Faisal Hanapi)

Basarnas Mamuju Provinsi Sulawesi Barat sampai saat ini masih berusaha melakukan evakuasi untuk menyelamakan dua orang korban yang masih terjebak di reruntuhan bangunan akibat gempa berkekuatan 6,2 magnitudo di kota itu.

"Basarnas Mamuju bersama aparat TNI/Polri terus berupaya melakukan evakuasi korban reruntuhan di sejumlah titik di Kota Mamuju," kata Humas Bazarnas Mamuju, Dewy Melyana di Mamuju, Jumat (15/1) dikutip dari ANTARA.

Ia mengatakan, sementara ini Basarnas terus berupaya mengeluarkan dua orang warga yang dilaporkan masih terjebak di reruntuhan bangunan di Jalan Abdul Wahab Azasi Kota Mamuju.

"Kami terus berupaya bekerja melakukan evakuasi dan masih menunggu bantuan Basarnas dari sejumlah daerah di Indonesia yang akan membantu melakukan evakuasi," ujarnya.

Baca juga: Wanita Ini Berhasil Lahirkan Bayi Perempuannya Setelah 10 Hari Baru Tahu Kalau Dia Hamil

Ia mengatakan, Basarnas pusat telah mengirimkan dukungan untuk membantu operasi SAR gempa bumi Majene dan Kota Mamuju.

"Bantuan personil dengan dukungan sarana prasarana, serta peralatan komunikasi telah diberangkatkan menggunakan pesawat Hercules dari Bandara Halim Perdanakusuma menuju wilayah Sulbar untuk memberikan bantuan," ujarnya.

Tim Basarnas yang tergabung dalam Indonesia Search and Rescue (Inasar) tersebut dipimpin langsung oleh Moch Barokna H yang juga Kepala Biro Perencanaan Basarnas.

Deputi Bidang Sarana Prasarana dan Sistem Komunikasi Basarnas Marsda TNI Suparmono mengatakan dukungan operasi SAR gempa bumi di Majene dan Mamuju tidak hanya datang dari pusat, tetapi juga datang dari Kantor SAR Makassar, Balikpapan, dan Samarinda, dan daerah lainnya.

Gempa di Mamuju yang terjadi 02.28 Wita Jumat dini hari telah merobohkan kantor gubernur Sulbar dan merobohkan kantor fasilitas pemerintah, rumah sakit pusat perbelanjaan hotel dan pemukiman penduduk.

Selain itu membuat jalur trans Sulawesi dan jaringan listrik padam sehingga masyarakat sulit berkomunikasi.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X