Coba Keluarkan Satu Kaki dari Selimut agar Tidurmu Lebih Nyenyak

- Kamis, 23 Juli 2020 | 21:28 WIB
Ilustrasi tidur dengan mengeluarkan satu kaki dari selimut. (Huffingtonpost)
Ilustrasi tidur dengan mengeluarkan satu kaki dari selimut. (Huffingtonpost)

Masalah gangguan tidur seperti insomnia mengalami peningkatan sejak pandemi Covid-19 melanda dunia. Salah satu pemicunya karena rasa stres dan khawatir tertular penyakit. Kendati demikian, banyak orang yang tetap berusaha mendapatkan waktu tidur cukup guna menjaga daya tahan tubuhnya.

Melansir Pink Villa, Kamis (23/7/2020), ada cara unik yang membuat mata lebih mudah dipejamkan. Caranya yaitu memasukkan satu kaki ke selimut sementara kali lainnya dibiarkan tidak tertutup selimut. Kiat sederhana ini bahkan dikatakan dapat membuat tidur lebih nyenyak.

Untuk memicu tidur, suhu tubuh perlu diturunkan satu hingga dua derajat. Mengeluarkan satu kali dari selimut bisa membantu menurunkan suhu tubuh. Sedangkan satu kaki yang berada di dalam selimut dimanfaatkan untuk menjaga kehangatan suhu tubuh.

Juru bicara National Sleep Foundation dan profesor psikologi di University of Alabama, Per Natalie Dautovich mengatakan, kaki adalah alat yang sempurna untuk menurunkan suhu tubuh. Sebab kaki tidak berambut tebal dan memiliki pembuluh darah yang tepat. 

"Mengeluarkan kaki dari selimut bisa membuat tidur lebih nyenyak," kata Dautovich.

Pusat Chronobiologi di Swiss menyimpulkan, ketika suhu tubuh inti diturunkan, maka sistem waktu mengantuk kami diaktifkan. Di sisi lain, banyak catatan penelitian yang mengungkapkan tubuh mencapai suhu paling dingin sekira jam 5 pagi. Inilah yang membuat kebanyakan orang sulit untuk bangun di waktu tersebut.


Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X