Ngeri! Akibat Main HP Sambil Rebahan, Retina Mata Pasien Ini Sobek

- Rabu, 30 September 2020 | 12:29 WIB
Kiri: Ilustrasi main hp sambil rebahan (Verywell Health) / Kanan: Retina mata sobek (Twitter/@ferdiriva)
Kiri: Ilustrasi main hp sambil rebahan (Verywell Health) / Kanan: Retina mata sobek (Twitter/@ferdiriva)

Apakah kamu termasuk orang yang suka bermain ponsel sambil rebahan? Sebaiknya kamu mulai menghentikan kebiasaan ini, apalagi kalau pernah mengalami kejadian ponsel terlepas dari pegangan dan jatuh ke kepala.

Baru-baru ini, seorang dokter spesialis mata yang bernama Ferdi Riva, membagikan sebuah kasus yang cukup mengerikan di akun Twitternya.

Salah satu pasiennya mengalami retina sobek gara-gara main hp sambil rebahan. Kala itu, pasiennya ngantuk dan ponsel menimpa matanya cukup keras.

Hal ini mengakibatkan retina mata pasien tersebut sampai sobek.

"Main HP sambil rebahan, ngantuk, mata kepentok HP cukup keras sampe retinanya sobek. Hati-hati.," cuitnya, Senin (28/9/2020).

Dokter Ferdi menjelaskan bahwa Retina merupakan lapisan saraf mata yang berfungsi nebnerima cahaya dari luar dan ditransfer ke otak.

Jika retina mata sampai rusak, maka akan menyebabkan penglihatan menjadi buram permanen. Beruntung, mata pasien tersebut masih bisa diselamatkan.

"Untungnya pasien langsung datang. Setelah abis kepentok mendadak liat floaters banyak banget yang ternyata darah di dalam mata akibat retina sobek." katanya.

Metode penanganan yang dilakukan adalah dengan laser agar retina mata pasien tidak lepas. Jika sampai retina telah lepas, maka akan dilakukan operasi retina yang membutuhkan biaya mahal.

Selain itu, meskipun sudah menjalani operasi retina, penglihatan tidak bisa kembali seperti sedia kala sebelum kejadian.

"Jadi hati-hati kalo ada trauma tumpul pada mata yang cukup keras, segera ke dokter mata biar diperiksa retinanya," imbau dokter Ferdi kepada netizen.

Halaman:

Editor: Zega

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X