MPR Ajak Netizen Bijak Bermedia Sosial

- Minggu, 19 September 2021 | 16:17 WIB
Kepala Biro Humas dan Sistem Informasi MPR RI Siti Fauziah (tengah) hadir dalam acara diskusi bersama warganet Bandung. (ANTARA/HO-MPR RI)
Kepala Biro Humas dan Sistem Informasi MPR RI Siti Fauziah (tengah) hadir dalam acara diskusi bersama warganet Bandung. (ANTARA/HO-MPR RI)

Kepala Biro Humas & Sistem Informasi MPR RI, Siti Fauziah berharap para warganet bijak dalam menggunakan media sosial dan tetap menjaga Bhinneka Tunggal Ika.

"Indonesia sangat beragam dilihat dari suku, bangsa, bahasa, agama, warna kulit, dalam konteks Bhinneka Tunggal Ika. Kami harap netizen bermedia sosial untuk menyatukan bangsa. Dengan merekatkan seluruh keragaman yang ada," kata Siti, Minggu (19/9) mengutip Antara.

Menurut Siti, nilai Bhineka Tunggal Ika sebenarnya sudah diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Dalam kehidupan di tengah masyarakat misalnya, berbagai macam suku bangsa, agama & bahasa bisa hidup secara berdampingan.

"Nilai-nilai Bhinneka Tunggal Ika itu perlu diinternalisasikan lagi secara lebih komprehensif," katanya.

Semangat Bhinneka Tunggal Ika sudah ada sejak dahulu sebelum Indonesia merdeka. Para pendahulu bangsa menyadari bahwa Indonesia yang terdiri atas beragam suku bangsa, agama & bahasa harus dibangun bersama-sama.

Dalam konteks bijak bermedia sosial, generasi saat ini yang sudah akrab dengan media sosial, seperti Facebook, Instagram, Twitter, dan YouTube, harus memanfaatkannya dengan bijak.

"Media sosial sudah tanpa batas & bisa diakses seluruh Indonesia, bahkan luar negeri. Karena tidak terbatas, banyak masalah yang muncul ketika bermedia sosial sehingga harus dilakukan dengan bijak," ujar Siti.

Siti menyebut media sosial adalah media publikasi & menjadi platform baru untuk menyampaikan pesan untuk menyampaikan pesan, misalnya yang sifatnya serius menyangkut kehidupan berbangsa dan bernegara bisa disampaikan melalui media sosial. 

Media sosial juga menjadi wahana strategis untuk menyampaikan pesan karena bisa langsung terpublikasi dan tersebar.
 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X