Sedang Bersitegang dengan Ukraina, Rusia Lakukan Uji Coba Senjata Nuklir

- Sabtu, 19 Februari 2022 | 11:30 WIB
Kapal perang Rusia berjaga-jaga di Laut Hitam. (REUTERS/HO)
Kapal perang Rusia berjaga-jaga di Laut Hitam. (REUTERS/HO)

Rusia bakal melibatkan rudal penjelajah dan balitistik dalam latihan pasukan nuklir di tengah ketegangan mereka dengan Ukraina. Bahkan latihan tersebut akan langsung diawasi oleh Presiden Rusia, Vladimir Putin, pada Sabtu (19/2/2022).

Dilansir dari Reuters, Sabtu (19/2/22), juru bicara Kremlin, Dmitry Peskov mengatakan latihan itu adalah bagian dari proses pelatihan rutin. Menurut Peskov, peran Putin sangat penting dan presiden kemungkinan akan berpartisipasi dari pusat situasi.

Latihan tersebut menyusul sederet manuver besar-besaran pasukan bersenjata Rusia dalam empat bulan terakhir yang meliputi pengerahan tentara tambahan - yang diprediksikan negara Barat jumlahnya mencapai 150.000 atau lebih - ke wilayah utara, timur dan selatan Ukraina.

Putin dan sejumlah pejabat tinggi lainnya kerap menyebut fakta bahwa Rusia, bersama dengan Amerika Serikat, adalah salah satu kekuatan nuklir terbesar di dunia.

Kemenhan Rusia mengatakan latihan nuklir akan menguji kesiapan komando dan kontrol militer, kru tempur, kapal perang dan pengangkut rudal strategis serta keandalan senjata nuklir dan non-nuklir strategis.

Latihan itu juga akan melibatkan Pasukan Angkatan Udara Rusia, Distrik Militer Selatan, Pasukan Rudal Strategis, Armada Utara dan juga Armada Laut Hitam.

Tentara rudal strategis Rusia berjumlah 50.000 orang dari total 900.000 tentara militer aktif, menurut Institut Internasional untuk Studi Strategis pekan ini dalam laporan Military Balance tahunan mereka.

Pihaknya juga menambahkan bahwa teknologi Rusia secara signifikan sudah diperbarui selama enam tahun terakhir.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X