Adidas Singapura Minta Maaf Setelah Klaim Wayang Kulit Berasal dari Malaysia

- Selasa, 16 November 2021 | 08:48 WIB
Permintaan Maaf Adidas Singapura (Instagram/adidassg)
Permintaan Maaf Adidas Singapura (Instagram/adidassg)

Adidas Singapura akhirnya meminta maaf usai mengatakan bahwa Wayang Kulit berasal dari Malaysia. Adidas mengakui kalau Wayang Kulit yang menjadi inspirasi desain sepatu UltraBoost edisi khusus yang baru dirilis, berasal dari kebudayaan asli Indonesia.

"Kami dengan tulus meminta maaf atas pelanggaran yang tidak disengaja yang mungkin telah dilakukan, dan sekarang telah mengubah unggahan kami," tulis Adidas Singapura di akun Instagramnya, dikutip Selasa (16/11/2021).

Adidas Singapura menambahkan bahwa baik pihaknya maupun artis yang berkolaborasi membuat sepatu itu, tidak bermaksud mengklaim kebudayaan Indonesia.

"Untuk menghindari keraguan, baik merek maupun artis tidak bermaksud untuk mengeklaim bentuk seni budaya dari Indonesia," tambah Adidas Singapura.

-
Permintaan Maaf Adidas Singapura (Instagram/adidassg)

Sebelumnya, akun Instagram @adidassg menjadi sasaran kritik netizen Indonesia karena mengatakan bahwa Wayang Kulit berasal dari Malaysia.

"Merayakan warisan budaya Malaysia melalui mata @JAEMYC, dalam city pack UltraBOOST DNA selanjutnya," tulis akun Adidas Singapura sebelum diedit.

"Rancangan ini berbicara tentang penghormatan terhadap wayang kulit, bagian penting dari identitas warisan budaya Malaysia dengan menggabungkan unsur-unsur wayang kulit dengan palet warna modern, dalam pendekatan lama yang bertemu pendekatan baru di UltraBOOST DNA," sambung mereka.

Namun, kini unggahan itu telah diubah oleh mereka dengan menyatakan bahwa Wayang Kulit berasal dari Indonesia.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by adidas Singapore (@adidassg)

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Zega

Tags

Rekomendasi

Terkini

X