BMKG Prakirakan Hampir Seluruh Provinsi di Indonesia Diguyur Hujan Lebat saat Nataru

- Rabu, 1 Desember 2021 | 15:23 WIB
Ilustrasi hujan lebat. (Pixabay)
Ilustrasi hujan lebat. (Pixabay)

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan cuaca saat libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2022, tepatnya pada tanggal 25 Desember hingga 1 Januari 2022, bakal terjadi hujan lebat di semua provinsi Indonesia.

Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Dwikora Karnawati mengatakan hujan dengan intensitas sedang hanya terjadi di Sulawesi Barat dan Maluku pada periode libur Nataru.

"Tampaknya hampir seluruh provinsi di Indonesia itu mengalami hujan lebat," ungkap Dwikorita dalam rapat dengar pendapat bersama Komisi V DPR, Rabu (1/12/2021).

Dia untuk tanggal 2-8 Januari pasca tahun baru seluruh provinsi juga akan diguyur hujan dengan intensitas lebat. Namun ada juga beberapa daerah saja yang berpotensi mengalami hujan dengan intensitas sedang.

"Ada beberapa yg mengalami diprediksi hujan intensitas sedang, namun mayoritas hujan lebat," jelas dia.

Maka dari itu, Dwikorita memberikan pesan kepada masyarakat untuk hati-hati pada periode Natal hingga Tahun Baru 2022. Mengingat adanya potensi hujan lebat yang mengakibatkan banjir bandang, longsor, dan gelombang tinggi.

"Poinnya adalah untuk keselamatan, baik transportasi, masyarakat hati-hati karena ada hujan lebat, potensi bencana, banjir, longsor, banjir bandang, gelombang tinggi, itu semakin meningkat,” imbau dia.

“Apalagi di masa pandemi, biasanya daya tahan tubuh juga mulai menurun di kondisi cuaca semacam itu," tambahnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X